Pandemi Corona, Kemenag Imbau Buka Puasa Bersama Ditiadakan, Salat Tarawih di Rumah

Jumat, 10 April 2020 11:16 Reporter : Merdeka
Pandemi Corona, Kemenag Imbau Buka Puasa Bersama Ditiadakan, Salat Tarawih di Rumah Ilustrasi salat tarawih. © Ilustrasi salat tarawih

Merdeka.com - Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau masyarakat tidak menggelar buka puasa bersama di tengah pandemi Covid-19. Selain itu salat tarawih harus dilaksanakan di rumah masing-masing.

"Kita berharap buka puasa bersama ditiadakan, sholat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing, kemudian Nuzulul Quran juga ditiadakan, begitu juga tadarus di masjid akan ditiadakan," pinta Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin melalui keterangan pers, Jumat (10/40).

Pihaknya juga berharap selama bulan Ramadhan, umat Islam di Indonesia tetap menjaga pembatasan sosial secara fisik guna memerangi Covid-19 dengan cara mencegah penyebarannya.

"Mudah-mudahan pelaksanaan ibadah di rumah masing-masing Insyaallah tidak mengurangi kualitas ibadah kita, tidak mengurangi pahala kita karena kita sedang keadaan darurat," katanya.

Kamaruddin juga meminta umat Islam untuk mematuhi segala kebijakan pemerintah. Pasalnya menurut dia kebijakan pemerintah terhadap rakyat pasti demi kemaslahatan rakyatnya.

1 dari 1 halaman

Ikuti Protokol Kesehatan

Di luar itu, Kamaruddin juga meminta masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan dalam segala aktivitasnya. Baik itu mencuri tangan, maupun menggunakan masker jika bepergian ke luar rumah.

"Kita menjaga jarak minimal satu sampai dua meter. Kita berada di rumah, stay at home dan kita lakukan ibadah di rumah dan tidak mudik menjelang Idul Fitri," imbaunya.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Baca juga:
Mengungkap Filosofi Padusan, Mandi Khusus Jelang Puasa Ramadan yang Disalahartikan
Kabaharkam Minta Jajarannya Siapkan Strategi Jelang Ramadhan
Edaran Menteri Agama Terbit, Ketahui 15 Panduan Ibadah Ramadan Saat Pandemi Corona
Pandemi Corona, Mesir Larang Buka Puasa Bersama dan Kegiatan Selama Ramadan
MUI Jateng Sebut Ormas Islam Berbeda Pendapat Soal Surat Edaran Kemenag

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini