Pandemi Corona, Kapolri Perintahkan Penyidik Tak Gampang Penjarakan Orang

Kamis, 2 April 2020 16:56 Reporter : Merdeka
Pandemi Corona, Kapolri Perintahkan Penyidik Tak Gampang Penjarakan Orang Polri Raker Perdana dengan Komisi III DPR. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Idham Azis memerintahkan seluruh jajaran kepolisian untuk tidak mudah memasukkan seseorang ke penjara selama pandemi virus corona atau Covid-19. Penanganan pidana dengan teknis tersebut diminta menjadi perhatian bersama.

"Sudah ada petunjuk dari Pak Kapolri bahwa jajaran kepolisian dalam melakukan penanganan tindak pidana ini sangat selektif. Dan secara khusus yang berhubungan dengan penentuan penahanan proses penyidikan itu dijadikan sebagai upaya terakhir," tutur Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (2/4).

"Artinya seluruh jajaran kepolisian khususnya penyidik untuk tidak mudah melakukan penahanan," lanjutnya.

Menurut Asep, proses penahanan harus melalui berbagai proses pertimbangan mendalam. Itu menjadi pilihan terakhir penyidik dengan mengutamakan kemaslahatan masyarakat umum.

"Sehingga yang dikedepankan adalah proses hukum secara normatif, tetapi juga tetap mempertimbangkan sifat dari penanganan dan tindak pidana dengan situasi saat ini," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Salah Satu Upaya Polri

Asep menekankan, hal tersebut merupakan upaya Polri menangani masalah kepadatan jumlah tahanan demi mencegah semakin tingginya penularan Covid-19.

"Ini juga bertujuan untuk kita dapat melaksanakan physical distancing secara konsisten sehingga nanti Polri dapat membantu menekan laju penyebaran virus corona," Asep menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Menguji Konsistensi Polri di Tengah Pandemi Corona
Polda Soal Kapolsek Kembangan: Tak Taat Maklumat Kapolri Harus Siap Konsekuensinya
Maklumat Kapolri Senjata Bubarkan Resepsi Pernikahan Warga, Tapi Tidak Anggotanya
Isi Maklumat Kapolri yang Dilanggar Kapolsek Kembangan hingga Dicopot

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini