Pakai batik, Mapala UMY kibarkan merah putih di puncak Elbrus

Jumat, 13 Juni 2014 09:45 Reporter : Ramadhian Fadillah
Pakai batik, Mapala UMY kibarkan merah putih di puncak Elbrus Mapala UMY di Puncak Elbrus. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Tim pendaki Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Mapala UMY) berhasil menggapai puncak Gunung Elbrus (5.642 mdpl). Di tempat tertinggi Benua Eropa ini mereka mengibarkan bendera merah putih. Uniknya para mahasiswa ini sempat berpose dengan mengenakan kemeja batik di atas jaket gunung mereka.

Singgih Alnin Muttaqin, Ahkmad Rasyid Gandi, M Fauzan, dan satu-satunya wanita dalam tim, Saigunsi Bonita Arimi, mencapai Puncak Elbrus tanggal 10 Juni 2014, pukul 15.40 WIB.

Selama pendakian mereka dihadapkan pada suhu dingin -20 hingga -30 derajat celcius. Sebelum mendaki, tim melakukan aklimatisasi dari Terskol menuju Cheget Peak pada ketinggian 3481 Mdpl. Hal ini bertujuan membiasakan diri dengan ketinggian dan cuaca gunung es tersebut.

Mapala UMY menuliskan tujuan pendakian gunung es itu untuk melakukan observasi data empirik sejarah dan kehidupan masyarakat muslim di Rusia khususnya Masyarakat muslim di daerah Treskol di kaki Gunung Elbrus. Mereka juga ingin memecahkan rekor MURI dengan mengenakan batik di tempat tertinggi. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pendakian Gunung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini