Paguyuban pedagang Pasar Lumajang dukung program revitalisasi pasar tradisional

Selasa, 13 Maret 2018 22:40 Reporter : Nanang Ichwan
Puti Guntur kunjungi pasar baru lumajang. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Paguyuban Pedagang Pasar (PPP) Lumajang menyambut baik program revitalisasi pasar tradisional yang di usung pasangan calon nomor urut 2 Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti). Koordinator PPP Lumajang Muchammad Chotib menilai, program tersebut satu-satunya yang diterima para pedagang di sini.

"Kami sangat antusias program tersebut. Ini adalah anugerah yang sangat bagus," ujarnya ketika menyambut calon wakil gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno di Pasar Baru Lumajang, Selasa (13/3).

Chotib menyatakan, program yang di usung cicit KH Bisri Syansuri dan cucu Bung Karno itu disambut pedagang pasar tradisional. Menurut dia, kendala saat ini yang menjadi problem bagi pedagang pasar tradisional sudah kurang menjadi perhatian dengan munculnya pasar-pasar modern yang ada.

Puti Guntur kunjungi pasar baru lumajang 2018 Merdeka.com

"Agar tetap eksis, maka pasar tradisional hari ini butuh kehadiran (perhatian) khusus pemerintah, butuh dilindungi supaya tetap eksis," ucap koordinator yang membawahi ratusan pedagang itu.

Perhatian dari pemerintah itu, ujar Chotib, dengan memperhatikan sejumlah fasilitas di antaranya pembangunan infrastruktur, memperhatikan kebersihan lingkungan dan kenyamanan. "Itulah yang dibutuhkan pedagang pasar tradisional saat ini, termasuk itu (fasilitas) bagi pembeli," ungkapnya.

Selain itu, para pedagang juga membutuhkan keterlibatan pemerintah untuk memberikan kredit lunak, kredit yang tidak membebankan kepada para pedagang. "Ini dibutuhkan sebagai penambahan modal bagi pedagang, persyaratannya agar dipermudah. Ini lah yang kami harapkan dan itu ada di Gus Ipul dan Mbak Puti," ucapnya.

Gus Ipul-Puti juga menaruh perhatian keberadaan pasar tradisional di Jawa Timur. Pasangan Religius-Nasionalis itu akan melakukan sejumlah pembenahan di antaranya infrastruktur dan fasilitas serta memberikan kredit dengan bunga yang lunak. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini