Otaki Teror Kepala Anjing, Eks Anggota DPRD Pekanbaru Terancam 7 Tahun Penjara

Senin, 31 Mei 2021 12:57 Reporter : Abdullah Sani
Otaki Teror Kepala Anjing, Eks Anggota DPRD Pekanbaru Terancam 7 Tahun Penjara Tersangka pelaku teror kepala anjing di Mapolresta Pekanbaru. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Yose Saputra (40), otak pelaku teror pelemparan kepala anjing ke rumah petinggi Kejati Riau, Muspidauan, masih menjalani proses hukum di Polresta Pekanbaru. Mantan anggota DPRD Pekanbaru dua periode ini terancam meringkuk di balik jeruji besi selama 7 tahun penjara.

"YS dijerat dengan Pasal 335 ayat (1) KUHP, Pasal 187, tentang tindak kekerasan dan ancaman dengan ancaman 7 tahun penjara,'' ujar Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, kepada merdeka.com Senin (31/5).

Menurut Nandang, Yose menjadi dalang teror di rumah Muspidauan. Pecatan polisi itu tidak senang korban menjabat sebagai Ketua DPH Lembaga Adat Melayu Riau wilayah Pekanbaru.

Bahkan dari hasil penyidikan, kata Nandang, tersangka juga menjadi otak penyiraman bensin di kediaman M Nasir Penyalai, Sekretaris LAM Riau wilayah Pekanbaru. Yose juga merupakan mantan Ketua LAM Riau Pekanbaru.

Nandang mengatakan, Yose diringkus di wilayah Padang, Sumatera Barat, pada Jumat (28/5) lalu. Dia sempat melarikan diri selama tiga bulan.

Dari pemeriksaan yang dilakukan polisi, Yose mengakui perannya dalam aksi teror. Dia sebagai penyandang dana dan inisiator untuk melakukan kejahatan itu.

Yose sakit hati karena Muspidauan terpilih sebagai Ketua DPH LAM Riau Kota Pekanbaru.

''YS mengatakan, teror kepala anjing, sebagai bentuk perlawanan. Tujuannya membuat korban tidak nyaman,'' kata Nandang.

Teror terhadap dua pejabat LAM Riau Kota Pekanbaru itu direncanakan. Empat pelaku terlebih dahulu diminta memantau rumah kedua korbannya.

"Selain YS polisi sebelumnya juga berhasil menangkap para pelaku lainnya, seperti Bob (TS), IW, DI, dan BY. Mereka diinstruksikan untuk membeli kepala anjing dan bensin oleh YS," pungkasnya. [yan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kriminal
  3. Terorisme
  4. Pekanbaru
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini