Orangutan Tersesat ke Permukiman di Kaltim Ditemukan Selamat

Jumat, 11 Juni 2021 09:38 Reporter : Saud Rosadi
Orangutan Tersesat ke Permukiman di Kaltim Ditemukan Selamat Orangutan yang tersesat ditemukan selamat. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Tim gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur dan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) menemukan orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) yang sempat tersesat ke permukiman warga Desa Lusan, Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Satwa dilindungi itu ternyata pernah direhabilitasi dan dilepasliarkan 10 tahun lalu.

Orangutan itu ditemukan setelah tim gabungan melakukan penyisiran hutan di sekitar desa itu, Kamis (10/6) sekitar pukul 17.00 Wita. Satwa itu dalam kondisi sehat. Petugas kemudian mengevakuasinya menuju pusat rehabilitasi Yayasan BOS Samboja Lestari di Kutai Kartanegara.

"Ditemukan sore, kemudian dievakuasi. Karena ketiadaan sinyal selular di lokasi, informasi itu saya terima dari tim malam tadi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKSDA Kalimantan Timur Nur Patria Kurniawan, kepada merdeka.com, Jumat (11/6) pagi.

Dari informasi tim di lapangan, orangutan dewasa itu berkelamin jantan. Satwa itu sebelumnya pernah dilepasliarkan setelah menjalani rehabilitasi. "Jadi waktu menggunakan alat deteksi microchip, tim mendeteksi orangutan itu adalah yang pernah dilepasliarkan 10 tahun yang lalu," ujar Patria.

"Sekarang orangutan itu sudah ada di pusat rehabilitasi Yayasan BOS untuk diobservasi, mengingat sekarang masih pandemi Covid-19. Tapi secara umum kondisinya sehat," tambah Patria.

Seperti diberitakan, orangutan mendatangi permukiman warga Desa Lusan, Muara Komam, Kabupaten Paser sejak Senin (7/6) pagi. Satwa itu terlihat jinak saat bertemu warga. Tim BKSDA Kaltim, Yayasan BOS dan Polri, mulai bergerak melakukan penyisiran pada Selasa (8/6). [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini