Operasional Mal di Palembang Diperpanjang Jadi 7 Jam Per Hari

Rabu, 3 Juni 2020 21:08 Reporter : Irwanto
Operasional Mal di Palembang Diperpanjang Jadi 7 Jam Per Hari Mal. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Seluruh pusat perbelanjaan modern di Palembang diberi kelonggaran operasional selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua mulai besok. Operasional ditambah menjadi tujuh jam setelah sebelumnya beroperasi hanya lima jam per hari.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, kelonggaran bagi mal tidak serta merta leluasa seperti sedia kala atau sebelum pandemi Covid-19. Namun harus memenuhi protokol kesehatan dengan menyiapkan cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, mewajibkan pengunjung menggunakan masker dan jaga jarak.

"Silakan buka tapi harus sesuai protokol kesehatan dan hanya tujuh jam per hari," ungkap Harnojoyo, Rabu (3/6).

Dia mengakui dunia usaha menjadi salah satu pihak yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Omzet tenan di mal turun drastis hingga 70 persen dibanding waktu normal.

"Perekonomian kita harus kembali bangkit, tidak boleh berlarut-larut seperti ini. Ini peluang bagi dunia usaha tapi harus selaras dengan kesehatan bersama," kata dia.

Untuk mencegah pelanggaran, operasional mal akan diawasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Palembang yang terdiri dari TNI, polri, Satpol PP dan instansi lain. Dirinya meminta pengelola mematuhi aturan pemerintah agar tujuan memutus rantai penyebaran virus dan St ekonomi dapat terwujud.

"Sudah dikoordinasikan dengan pihak-pihak keamanan untuk melakukan kontrol. Saya harap tidak ada pelanggaran," kata dia.

Seiring dibukanya kembali pusat perbelanjaan modern dalam waktu cukup lama, dia meminta pengelola usaha untuk kembali mempekerjakan pegawai yang sempat dirumahkan. Tujuannya untuk menstabilkan perekonomian pekerjanya seperti sedia kala.

"Saya minta karyawan yang dirumahkan itu kembali dipekerjakan," pungkasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini