Operasi Sriwijaya, Tim SAR Pastikan Fokus Pencarian Tak Diprioritaskan Satu Objek

Kamis, 14 Januari 2021 10:14 Reporter : Bachtiarudin Alam
Operasi Sriwijaya, Tim SAR Pastikan Fokus Pencarian Tak Diprioritaskan Satu Objek KNKT periksa Turbin Pesawat Sriwijaya Air. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman menegaskan, jika proses pencarian yang dilakukan Tim SAR bukan fokus terhadap satu objek, melainkan seluruh objek seperti korban, serpihan maupun pencarian black box jenis Cockpit Voice Recorder (CVR).

"Kemudian fokus pencarian tidak ada diprioritaskan kepada satu objek. Jadi korban kita utamakan, CVR kita utamakan, serpihan juga kita utamakan," kata Risma saat jumpa pers di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/1).

Guna memaksimalkan pencarian tersebut, kata Rasman, saat ini Tim SAR telah membagi personel yang nanti akan melakukan pencarian khusus terhadap objek serpihan, korban maupun CVR.

"Ada yang khusus mencari serpihan, korban, dan juga CVR. Itu mekanisme dalam pengaturan sehingga kita bisa maksimal. Karena kita menjadi tumpuan harapan bagi masyarakat, khususnya yang mengalami korban. Yang selalu dinanti kapan keluarganya ditemukan," tuturnya.

Sedangkan terkait skema pencarian, Rasman menjelaskan bila Tim SAR gabungan memfokuskan pencarian di dasar laut dengan mengerahkan 268 penyelam.

"Paling utama adalah pencarian lewat bawah permukaan. Pencarian lewat bawah permukaan kita lakukan dengan penyelaman," jelasnya.

"Sampai saat ini penyelam yang terdata yang masuk ke lokasi hari ini adalah sebanyak 268 orang dengan enam sektor. Saya fikir sudah cukup apabila kita efektifkan potensi dari penyelam-penyelam tersebut," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Temukan 141 Kantong Jenazah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini