Ombudsman kawal pelaksanaan UN 2015

Minggu, 12 April 2015 11:29 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Ombudsman kawal pelaksanaan UN 2015 Ujian Nasional paket C. ©2014 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Lembaga pengawas pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia, menyatakan bakal mengawal pelaksanaan Ujian Nasional digelar serentak di 33 provinsi mulai Senin (13/4) pekan depan. Menurut mereka langkah ini diharapkan dapat menekan perilaku cacat administrasi dalam pelaksanaan UN 2015 dan diharapkan kegiatan itu dilaksanakan secara baik, tertib, terbuka, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Karena hanya dengan pelaksanaan UN yang baik, tertib dan akuntabel, tiap peserta didik dapat memperoleh hasil maksimal dan adil," kata Anggota Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan, Budi Santoso, dalam keterangan pers diterima merdeka.com, Minggu (12/4).

Ombudsman menyadari tahun ini Kementerian Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan menyelenggarakan UN dengan beberapa perbedaan. Yakni tidak lagi menjadikan nilai UN sebagai patokan kelulusan dan hanya dijadikan buat pemetaan kualitas pendidikan, serta mulai menguji coba UN daring (online) di beberapa sekolah sebagai bentuk penerapan teknologi, mengatasi kecurangan, dan efisiensi.

"Perubahan kebijakan itu sesuai dengan Saran Ombudsman RI dalam hal perbaikan penyelenggaraan UN 2015," ujar Budi.

Lebih lanjut, Budi meminta masyarakat menemukan adanya penyimpangan selama proses penyelenggaraan UN 2015 supaya segera melaporkan ke Kantor Ombudsman RI tersebar di setiap ibukota provinsi. Dia mengatakan, mereka sudah mendirikan posko khusus pengaduan UN.

"Kami berharap pelaksanaan UN 2015 ini akan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan terhindar dari kesalahan serta penyimpangan yang merugikan siswa didik peserta UN," ucap Budi. [ary]

Topik berita Terkait:
  1. Ujian Nasional
  2. Ombudsman
  3. Jakarta
  4. UN SMA
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini