Okupansi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 RS Swasta di Kota Bekasi Mencapai 77 Persen

Kamis, 17 September 2020 07:31 Reporter : Adi Nugroho
Okupansi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 RS Swasta di Kota Bekasi Mencapai 77 Persen Ruang Isolasi di RSUD Klungkung. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Kota Bekasi, Eko Nugroho mengatakan, tingkat okupansi tempat isolasi pasien Covid 19 di 42 rumah sakit swasta di Kota Bekasi telah mencapai 77 persen.

"Kapasitas 550 tempat tidur untuk pasien Covid 19 gejala ringan, per hari ini terisi 428," katanya ketika dikonfirmasi pada Rabu (16/9).

Sedangkan, kapasitas ruang ICU isolasi untuk pasien gejala berat, kata dia, dari sebanyak 51 tempat tidur, menyisakan tiga tempat tidur.

"Kami RS Swasta fokus di Kota Bekasi fokus melayani tingginya permintaan perawatan kasus Covid," ujarnya.

Meski Satgas Nasional telah menetapkan penurunan status zona dari merah ke oranye, Pemkot Bekasi tetap mengantisipasi lonjakan kasus dengan menyiapkan Rumah Sakit Darurat di Stadion Patriot.

"Semuanya sudah siap, peralatan hingga perlengkapannya. Tapi, stadion alternatif terakhir," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Pemerintah daerah, kata dia, sekarang fokus menambah kapasitas ruang isolasi di RSUD Tipe D yanh ada di Bantargebang, Jatisampurna, dan Pondok Gede. Masing-masing memiliki kapasitas 45 tempat tidur.

"Sekarang masing-masing terisi 10-15 pasien Covid 19," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini