Nusantara Expo dan Forum, lestarikan budaya dan penguatan pembangunan ekonomi daerah

Rabu, 26 September 2018 16:46 Reporter : Rizlia Khairun Nisa
Nusantara Expo dan Forum, lestarikan budaya dan penguatan pembangunan ekonomi daerah Nusantara Expo dan Forum. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat ini Indonesia dihadapkan pada situasi dan kondisi yang serba tidak menentu dalam menghadapi persaingan global. Globalisasi menyediakan harapan, tetapi sekaligus menyimpan kecemasan. Banyak kesempatan terbuka dengan globalisasi, tetapi tidak sedikit ancaman yang harus diwaspadai, seperti lunturnya nilai-nilai kebangsaan, bahkan sampai kemungkinan disintegrasi bangsa.

Acara Forum Evaluasi Nusantara Expo Dan Forum dibuka oleh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Soedarmo. Dalam kesempatan ini soedarmo menekankan kita harus lebih mawas diri serta membangun sinergitas antar komponen bangsa, dalam kancah internasional baik dalam kaitan Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya. Keadaan ini menuntut persiapan kita yang lebih optimal, agar stabilitas dan integritas bangsa yang tengah dibangun dapat berjalan dengan baik.

Sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam mengantisipasi hal tersebut, maka penyelenggaraan Nusantara Expo dan Forum telah diselenggarakan dari tahun 2013 - 2017 di Taman Mini Indonesia Indah dan merupakan kegiatan strategis, yang di dalamnya tidak hanya menjaga dan melestarikan seni dan budaya tetapi juga terdapat kegiatan-kegiatan penguatan pembangunan ekonomi di daerah.

Penyelenggaraan Nusantara Expo dan Forum yang merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2014 tentang Revitalisasi Fungsi dan Peran Anjungan Daerah di Taman Mini Indonesia Indah, juga digunakan sebagai moment promosi hasil produksi unggulan daerah, dalam rangka menarik wisatawan, investor, mengembangkan rekreasi, informasi, edukasi, komunikasi, konservasi dan atraksi yang produktif dan berdaya guna bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan bangsa.

Namun demikian, penyelenggaraan Nusantara Expo dan Forum yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2018 ini dipermaklumkan kepada pemerintah daerah bahwa pelaksanaannya di tunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Adapun pertimbangan penundaan pelaksanaan adalah padatnya agenda kegiatan prioritas nasional lain serta agenda pembangunan pada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah yang memerlukan banyak dukungan sumber daya maupun kinerja aparatur.

Penundaan kegiatan ini sudah ditindaklanjuti dengan Surat Edaram Menteri Dalam Negeri Nomor 061/4244/Polpum tanggal 21 Agustus 2018 perihal Penundaan Jadwal Pelaksanaan Nusantara Expo dan Forum dan sudah di kirim kepada Pemerintah Daerah se Indonesia.

Sejalan kondisi tersebut di atas, telah diputuskan perlu dilakukan evaluasi dan pengaturan kembali terhadap rencana kegiatan Nusantara Expo dan Forum dimaksud yang akan melibatkan segenap pemangku kepentingan di Pusat maupun Daerah termasuk pelaku usaha, sehingga hasil dan manfaat yang dicapai lebih baik pada pelaksanaan yang akan datang.

Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum mengucapkan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas dukungan dan kesiapannya dalam berpartisipasi dalam Nusantara Expo dan Forum, Khusus kepada Pemerintah Daerah yang telah mengalokasikan anggaran 2018 untuk partisipasi pada kegiatan dimaksud dipersilakan untuk merelokasi anggaran tersebut pada prioritas lainnya, ungkap Soedarmo. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Kemendagri
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini