NTB Siaga Darurat Virus Corona, Sekolah Sampai Akses ke 3 Gili Ditutup 2 Pekan

Senin, 16 Maret 2020 06:48 Reporter : Lia Harahap
NTB Siaga Darurat Virus Corona, Sekolah Sampai Akses ke 3 Gili Ditutup 2 Pekan Gili Trawangan. ©2015 Merdeka.com/Pandasurya W

Merdeka.com - Sebanyak 117 kasus positif virus Corona atau Covid-19 terdeteksi di Indonesia. Sejumlah langkah dan kebijakan dilakukan pemerintah pusat dan daerah untuk menekan virus tersebut.

Nusa Tenggara Barat misalnya. Pemerintah setempat telah menetapkan status siaga darurat bencana nonalam untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang mematikan tersebut.

"Status siaga darurat bencana non alam COVID-19 untuk mengantisipasi masuknya virus corona di NTB," kata Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, seusai rapat koordinasi dengan seluruh bupati dan wali kota di NTB yang dihadiri Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, Sekda NTB HL Gita Ariadi dan Forkopimda NTB dalam menyikapi wabah virus corona penyebab penyakit COVID-19 di NTB. Demikian dikutip dari Antara, Senin (16/3).

Selain status siaga darurat bencana non alam COVID-19, Pemprov NTB juga memutuskan meliburkan sekolah selama 14 hari bagi seluruh siswa-siswi mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan pelajar kelas 10 dan 11 SMA/SMK.

Sedangkan, bagi siswa kelas 12 tetap masuk seperti biasa, karena akan melaksanakan persiapan ujian nasional dan ujian sekolah.

Instruksi meliburkan ini juga berlaku perguruan tinggi baik negeri dan swasta serta pondok pesantren termasuk siswa MI/MTS/MA yang ada di bawah Kementerian Agama.

"Kenapa, karena ditengarai masa inkubasinya sampai 14 hari," ujarnya.

Pemprov NTB juga memutuskan melarang pejabat untuk bepergian ke luar daerah maupun luar negeri, termasuk bagi anggota DPRD. Hal ini dilakukan untuk menghindari merebaknya virus tersebut.

"Kecuali ada kebutuhan mendesak penting, ASN dan DPRD NTB enggak boleh bepergian dari NTB," tegas gubernur.

Baca Selanjutnya: Pemprov NTB juga menutup akses...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini