Normalisasi Kali Pesanggrahan, 1.776 makam digusur

Reporter : Arbi Sumandoyo | Kamis, 2 Agustus 2012 12:24
Normalisasi Kali Pesanggrahan, 1.776 makam digusur
TPU Tanah Kusir kebanjiran. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - 1.776 Makam yang berada di TPU Tanahkusir, Jakata Selatan akan direlokasi terkait proyek normalisasi Kali Pesanggrahan oleh Pemprov DKI Jakarta. Relokasi tersebut rencananya akan dilakukan setelah lebaran.

Cara Irit Pererat Pertemanan dengan Jalan-Jalan"Makam yang terkena proyek normalisasi Kali Pesanggrahan ada di dua blog. Blog utara ada 798 makam, dan selatan ada 978 makam. Total sebanyak 1.776 makam," ujar Kepala Suku Dinas Pemakaman Jakarta Selatan, Eddy Supriyatna, Minggu (29/7).

Untuk memuluskan hal tersebut, sosialisasi kepada para keluarga sudah dilakukan. Tak hanya itu, spanduk-spanduk besar juga sudah dipasang di lokasi.

"Kita juga sudah sosialisasi ke para pembersih makam yang memang disewa oleh keluarga," katanya.

Meski sudah disosialisasikan, tanggal pasti relokasi belum ditentukan. Hal ini masih menunggu pihak yang akan menangani proyek tersebut.

Dalam relokasi tersebut, ahli waris tidak akan dikenakan biaya pemindahan. Semua biaya ditanggung oleh pihak kontraktor.

"Untuk pembongkaran makam dan pemindahan selama masih di Jakarta biayanya ditanggung semua. Ahli waris hanya membayar retribusi makam seperti biasa untuk blok AA I Rp 100 ribu, AA II Rp 80 ribu, A I Rp 60 ribu, dan A II Rp 40 ribu. Tapi sampai sekarang sudah ada 91 makam yang sudah dipindahkan sendiri oleh ahli waris," tambahnya.

Luas lahan di TPU Tanahkusir yang terkena proyek normalisasi Kali Pesanggrahan sekitar 9.768 meter persegi. Relokasi hanya dilakukan terhadap makam-makam yang berdekatan dengan sungai Pesanggrahan.

"Direlokasi di Tanahkusir juga, cuma tempatnya berbeda. makam yang dekat kali yang terkena, dan akan dipindahkan ke lokasi yang jauh dari kali," imbuhnya.

[hhw]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Makam Keramat

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE