Ngototnya Munarman aksi 2-12 bukan karena video diunggah Buni Yani

Jumat, 16 Desember 2016 09:39 Reporter : Henny Rachma Sari, Juven Martua Sitompul
Ngototnya Munarman aksi 2-12 bukan karena video diunggah Buni Yani Munarman. ©telagahati.files.wordpress.com

Merdeka.com - Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman menjadi saksi fakta dalam persidangan praperadilan tersangka Buni Yani di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. buni Yani dijadikan tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik dan penghasutan berbau SARA oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Dalam persidangan, Munarman bersikeras jika Aksi Bela Islam yang digelar pada tanggal 2 Desember lalu bukan dilatarbelakangi video yang diunggah Buni Yani.

Seperti diketahui, Buni Yani mengunggah video Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat kunjungan kerja di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Di situlah Ahok dinilai telah menistakan agama dengan menafsirkan Surat Al-Maidah ayat 51 di depan warga.

"Jadi perlu diketahui tidak ada hubungan sama sekali antara video yang di upload oleh saudara Buni Yani dengan aksi yang dilakukan oleh masyarakat, warga negara Indonesia," ujar Munarman.

Di hadapan hakim, Munarman kembali menyatakan bila video Ahok baik yang diunggah Buni Yani atau pihak mana pun bukan jadi alasan umat muslim melakukan aksi tersebut.

"Karena kita tidak melihat faktor video yang di cuplik juga di YouTube. Itu bukan faktor utama, itu bukan faktor pemicu," tutur Munarman.

"Sebagaimana yang kita saksikan, umat Islam sudah berkali-kali melakukan protes pada saat pejabat gubernur dan dilantik," tambahnya.

Dia menyebut aksi bela Islam adalah reaksi warga Jakarta atas kepemimpinan Ahok yang dianggap arogan, tidak adil dan ketidak berpihakannya pada rakyat kecil kemudian memantik reaksi seluruh masyarakat Indonesia.

"Reaksi penolakan warga Jakarta yang kemudian menjadi reaksi warga negara Indonesia itu lebih disebabkan karena arogansi, karena kekerasan verbal, karena ketidakadilan, karena ketidak berpihakan pembangunan yang dilakukan oleh gubernur DKI," ucap dia.

Selain itu, Munarman mengatakan bahwa aksi bela Islam juga terjadi lantaran Ahok dianggap telah melecehkan dan menistakan agama Islam. Dia kembali menegaskan, video yang diunggah Buni Yani tidak ada kaitannya dengan aksi bela Islam.

"Bahwa aksi-aksi itu tidak terkait dengan video yang di upload sama Buni Yani. Karena video itu aslinya sudah di upload lebih dulu. Bahwa aksi di lapangan, itu soal manajemen saja, bagaimana kita mengkonsolidasi massa sebetulnya," pungkas Munarman. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini