New Normal, KAI Tambah Perjalanan KA Prameks Rute Solo-Yogyakarta

Minggu, 14 Juni 2020 15:26 Reporter : Arie Sunaryo
New Normal, KAI Tambah Perjalanan KA Prameks Rute Solo-Yogyakarta KAI Tambah Perjalanan KA Prameks Rute Solo - Yogyakarta. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Seiring diberlakukannya tatanan baru atau new normal, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta menambah operasional KA Prameks relasi Solo - Yogyakarta. Jika sebelumnya hanya 4 KA atau 8 trip, perjalanan, mulai hari ditambah 6 KA, atau menjadi 20 trip dalam sehari.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan tambahan 6 KA tersebut melayani perjalanan dari Solo hingga Stasiun Kutoarjo, Purworejo.

"Pada saat new normal ini mengingat masyarakat sangat berminat dan antusias untuk memanfaatkan KA lokal Prameks ini, maka kita tambah 6 KA untuk melayani masyarakat relasi Solo - Yogyakarta - Kutoarjo. Sehingga total ada 10 KA Prameks yang kita operasikan," ujar Eko, Minggu (14/6).

Kepada para calon penumpang baik KA lokal maupun jarak jauh, Eko menyampaikan agar menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Di antaranya mengenakan masker dan pakaian lengan panjang. Khusus untuk KA jarak jauh penumpang juga diwajibkan membawa surat sehat dan surat bebas covid-19.

"Untuk yang tidak memenuhi protokol kesehatan yang sudah menjadi ketetapan PT KAI, terpaksa akan kami tolak," tandasnya.

Pihaknya akan mengembalikan uang tiket 100 persen bagi calon penumpang yang batal atau tidak memenuhi persyaratan tersebut. Sehingga tidak timbul permasalahan dan menimbulkan image negatif bagi PT KAI. Karena saat ini PT KAI sedang berupaya maksimal untuk menerapkan protokol kesehatan, dalam rangka ikut memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Lebih lanjut Eko menyampaikan, hingga hari ketiga pelaksanaan new normal, ada perjalanan 10 KA yang berangkat dari wilayah Daop 6 atau sekedar melintas saja. Untuk keberangkatan dari Daop 6 ada KA Sancaka relasi Yogyakarta - Surabaya Gubeng, KA Sri Tanjung rute Lempuyangan - Ketapang, KA Bengawan rute Soko - Pasar Senen dan KA Argojati dari Cirebon ke arah timur Tuan hingga Blitar. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini