Negara Jamin Seluruh Biaya Pengobatan SBY di Luar Negeri

Senin, 8 November 2021 13:19 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Negara Jamin Seluruh Biaya Pengobatan SBY di Luar Negeri Momen Keberangkatan SBY ke Luar Negeri untuk Berobat. Foto: Instagram ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini menegaskan, bahwa pemerintahan Presiden Jokowi menjamin pengobatan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di luar negeri. Menurutnya, pemerintah menjamin fasilitas pengobatan setiap Presiden yang pernah menjabat.

Diketahui, Presiden keenam RI SBY menjalani perawatan penyakit kanker prostat di Amerika Serikat.

"Kami mendoakan Presiden SBY dapat berangsur pulih, sebagaimana yang kita semua harapkan. Kita semua ingin kabar baik. Yang jelas, Pemerintahan Presiden Jokowi akan menjamin semuanya terlaksana sesuai dengan amanah undang-undang dan peraturan yang berlaku," kata Faldo kepada lewat pesan, Senin (8/11).

Faldo menuturkan, sesuai Undang-Undang Nomor 7 tahun 1978 dijelaskan tentang biaya pengobatan kepala negara dan mantan kepala negara akan ditanggung oleh negara. Fasilitas dokter kepresidenan juga diatur lewat Perpres Nomor 18 tahun 2018 sekaligus fasilitas pengamanan di PP tahun 59 tahun 2008.

"Regulasinya semuanya sudah ada, kita tinggal jalankan saja," jelasnya.

Dia melanjutkan, meski pengobatan Presiden SBY di Minnesota, Amerika Serikat, tentunya tetap mencakup seluruh fasilitas yang telah dimuat di dalam aturan. Yakni keamanan, perawatan, termasuk dokter kepresidenan.

"Kami akan terus memantau bagaimana perkembangannya," pungkas eks politisi PAN itu. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Susilo Bambang Yudhoyono
  3. Sby
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini