Nasihat Habibie Buat Ridwan Kamil, Bagikan Ilmu dan Semangat Hidup

Kamis, 12 September 2019 12:59 Reporter : Aksara Bebey
Nasihat Habibie Buat Ridwan Kamil, Bagikan Ilmu dan Semangat Hidup BCL dan BJ Habibie. ©Kapanlagi.com

Merdeka.com - Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie akan dimakamkan Kamis (12/9). Kepergiannya meninggalkan kesedihan mendalam bagi rakyat Indonesia. Termasuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Menurutnya, Habibie adalah sosok yang sangat bijak jika dimintai pendapat atau nasihat. Habibie juga bisa menjadi lawan diskusi membahas banyak hal. Mulai dari teknologi, sosial maupun politik.

Ada satu nasihat Habibie yang melekat dalam diri Ridwan Kamil mengenai pemanfaatan keilmuan yang dimiliki agar bisa dirasakan semua orang.

"Nasihatnya relevan dengan sosok beliau. Jadi agar ilmu yang saya punya itu jangan tidak dimanfaatkan. Saya memaksimalkan isi kepala saya sebenarnya itu salah satu nasihat Pak Habibie agar jangan pintar sendiri begitulah kira-kira bahasanya," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (12/9).

"Ilmu yang didapat maksimalkan untuk inovasi. Jadi sebenarnya sekian persen semangat hidup saya datang dari Pak Habibie. Khususnya mengamalkan keilmuan saya" kata dia lagi.

Habibie punya jasa bagi Ridwan Kamil. Sosok Habibie yang membuatnya memantapkan diri maju dalam Pemilihan Umum hingga terpilih menjadi Gubernur.

"Intinya dulu nasihatnya, kalau ada kesempatan berbuat lebih banyak dan masih memungkinkan (menjadi Gubernur). Karena Pak Habibie semangatnya kan gitu, saya harus bekerja. Memang orangnya tidak bisa berhenti," ucapnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini