NasDem: Gerakan separatis sama buruknya dengan kelompok teroris

Senin, 16 Juli 2018 14:28 Reporter : Merdeka
NasDem: Gerakan separatis sama buruknya dengan kelompok teroris Syahrul Yasin Limpo. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua DPP NasDem Syahrul Yasin Limpo, memandang gerakan separatisme sama dengan perilaku teroris. Sebab, dia menilai tindakan separatis mengganggu upaya bangsa Indonesia terus bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Gerakan separatis sama buruknya dengan kelompok teroris. Sekarang, para pelaku semakin sering beraksi antara lain karena dukungan terhadap mereka makin luas. Banyak pendukung gerakan separatis secara terbuka menyatakan sikapnya. Bahkan, berkali-kali mereka menggunakan kebohongan untuk membela separatis," ucap Syahrul di Kampus ABN, Jakarta, Senin (16/7).

Oleh sebab itu, dia menilai ada saja yang mempermasalahkan upaya penegakan hukum oleh aparat yang mencoba menghentikan para kelompok separatis.

"Jangan dikira para separatis itu tidak pernah melukai bahkan menghilangkan nyawa warga. Mereka bolak-balik, tanpa alasan dan sering kali tiba-tiba, menembaki orang-orang yang sedang bekerja atau bahkan sedang di rumah," ungkap Syahrul.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini, menuturkan, memang memahami bahwa ada tindakan tertentu harus menggunakan cara yang keras ke para separatis.

"Penegakan hukum terhadap kelompok senjata tentu harus menggunakan senjata," jelas Syahrul.

Pasalnya, lanjut dia, dampak terbesar dari kekerasan para separatis itu adalah gangguan keamanan pada proses pembangunan.

"Program pembangunan terhambat karena pekerja tidak mau meneruskan pembangunan sampai kondisi aman," ujarnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini