Narapidana Terorisme Riyanto Bebas

Rabu, 12 Februari 2020 13:35 Reporter : Erwin Yohanes
Narapidana Terorisme Riyanto Bebas Narapidana Terorisme Riyanto bebas. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Narapidana Terorisme Riyanto alias Jono akhirnya menghirup udara bebas pada Rabu (12/2) pagi. Pria yang pernah terlibat dalam jaringan Mujahidin Indonesia Barat (MIB) pimpinan Abu Roban ini, langsung dikembalikan ke keluarganya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kabid Pembinaan Narapidana Lapas Kelas 1 Surabaya, Hero Sulistyono mengatakan, Riyanto dibebaskan setelah genap menjalani masa hukuman selama 5,5 tahun penjara.

"Tepat pada Rabu (12/2) pukul 08.20 Wib telah dilaksanakan pembebasan narapidana kasus terorisme yang telah habis masa pidananya," ujarnya, Rabu (12/2).

Dia menambahkan, setelah berpamitan dengan Kalapas, kepulangan Riyanto diantar oleh Kasi Bimkemas. Dia didampingi dua orang anggota Intel Brimob Polda Jatim unit radikal.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas 1 Surabaya di Porong, Sidoarjo, Tonny Nainggolan mengatakan usai pembebasan Riyanto maka kewenangan lapas sudah selesai. Untuk masalah pendampingan atau pun pengawasan terhadap napi teroris merupakan kewenangan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Kalau dari kita (Lapas) tugas kita sudah selesai. Soal pendampingan ataupun pengawasan lainnya, merupakan kewenangan dari BNPT," ucapnya.

Untuk diketahui, Riyanto alias Jono ditangkap tim Densus 88 Polri di depan toko bangunan di Jl Gotong Royong, Kampung Sewu, Surakarta, Jateng pada Senin (11/8/2014) silam. Ia ditangkap dalam kaitannya dengan tindak pidana teroris. Anggota Mujahidin Indonesia Barat (MIB) dalam sejumlah kegiatan fa'i.

Riyanto tercatat pernah melakukan kegiatan perampokan di kantor pos Parung, Bogor pada tahun 2014 dengan kerugian Rp80 juta. Riyanto juga disebut pernah merampok di BRI Jekerto, Grobogan, dengan total kerugian mencapai Rp300 juta. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Tahanan Terorisme
  2. Terorisme
  3. Surabaya
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini