Narapidana Lapas Labuhan Ruku yang kabur 30 orang

Minggu, 18 Agustus 2013 22:27 Reporter : Laurencius Simanjuntak
Lapas Labuhan Ruku. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menyatakan jumlah narapidana Lapas Labuhan Ruku yang kabur hingga saat ini tercatat 30 orang. Mereka melompat dari dinding pembatas lingkungan Lapas.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Amran Silalahi menjelaskan, tinggi dinding pembatas kiri-kanan Lapas Labuhan Ruku hanya 2,8 meter.

"Sehingga saat terjadi kerusuhan dan kebakaran, napi dengan mudah melarikan diri," ujar Amran saat dihubungi di Medan, Minggu (18/8).

Seperti diberitakan, kerusuhan di Lapas yang berjarak 45 menit dari Kota Medan itu bermula sekitar pukul 17.00 WIB. Tiba-tiba beberapa narapidana langsung menyerang pos jaga penjara.

"Saat itu, tiba-tiba sejumlah tahanan spontan menerobos pos pengamanan dan menyerang petugas serta membakar ruang KPLP dan ruang pendaftaran narapidana," kata Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Akbar Hadi.

Akbar mengatakan, usai menyerang pos jaga, sejumlah narapidana kabur dengan melompati pagar tembok Lapas. Saat ditanya berapa napi yang kabur, Akbar mengaku belum mengetahui pasti jumlahnya.

Akbar mengakui, saat penyerangan dan kerusuhan berlangsung, petugas jaga keamanan Lapas Labuhan Ruku jumlahnya sangat minim. Yakni hanya ada enam sipir dan dua petugas bantuan dari polres setempat. (ant) [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Rusuh Lapas Labuhan Ruku
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.