Napi Rutan Soppeng sering diajak jalan-jalan keluar

Rabu, 21 September 2016 14:39 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Napi Rutan Soppeng sering diajak jalan-jalan keluar Ilustrasi Narapidana. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah terbongkarnya kasus Kepala Rutan Kelas II B Soppeng, Irpan membawa jalan-jalan 17 narapidana. Kini Rutan dalam pengawasan polisi. Kapolres Soppeng AKBP Dodied Prasetyo Aji mengaku kerap mendapat laporan narapidana yang dibawa keluar untuk refreshing. Hanya saja belum menemukan bukti kuat.

"Sebenarnya sejak beberapa bulan lalu kami menerima banyak laporan kalau ada napi yang dibawa keluar, hanya saja kami tidak dapat bukti kuat. Dan kemarin laporan kita terima lagi, saya langsung perintahkan Kepala Satuan Reskrim, AKP Ahmad Rosma untuk turun melakukan pengecekan ke Lejja, lokasi wisata itu dan ditemukan para napi mandi di kolam dan sebagian lagi di hotel," jelas AKBP Dodied Prasetyo Aji kepada merdeka.com, Rabu (21/9).

Secara hukum polisi tidak punya kewenangan memproses sehingga kasus tersebut ditembuskan ke Kakanwil Kemenkum HAM.

Terkait alasan pengawasan Lapas, salah satu alasannya untuk menghindari keributan antara para napi yang iri dengan kejadian tersebut.

"Kita juga waspadai masyarakat jangan sampai ada yang tidak respek dengan kasus dikeluarkannya para napi itu ke lokasi wisata. Kita memantau dengan melakukan patroli," kata Dodied.

Terkait kasus ini, Karutan Irpan dicopot jabatannya dan ditarik ke Makassar guna proses pemeriksaan.

[cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini