Namanya diartikan jadi tukang fitnah, Jonru lapor polisi

Selasa, 2 Desember 2014 11:15 Reporter : Yulistyo Pratomo
Namanya diartikan jadi tukang fitnah, Jonru lapor polisi Jonru. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah lama tak menggubris, kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jon Riah Ukur Ginting atau populer disapa Jonru mulai bertindak. Jonru melaporkan Akhmad Sahal (@Sahal_AS) dan Rifan Herriyadi (@Rifanpecros) ke Polda Metro Jaya atas tuduhan pencemaran nama baik.

"Iya, saya laporkan Rifan dan Sahal AS. Laporannya pencemaran nama baik, menyangkut UU ITE," kata Jonru saat dikonfirmasi merdeka.com, Selasa (2/12).

Jonru menjelaskan, alasan dirinya melaporkan Rifan dan Sahal karena namanya diistilahkan sebagai 'tukang fitnah'. Tak hanya itu, salah satu pelaku malah mengedit sebuah aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) offline yang kemudian disebarkan melalui situs jejaring sosial.

"Sehingga lama-lama jadi 'menjonru lebih kejam daripada pembunuhan'. Dan (hasil editan) diikuti banyak orang, mereka bikin berbagai macam variasi. Di google itu ada pencarian 'tukang fitnah' dan hasilnya Jonru," keluhnya.

Laporan Jonru atas pencemaran nama baiknya, dan pelanggaran UU ITE sudah tercantum dalam LP/4407/ XII/2014/PMJ/Dit Reskrimsus. Sahal dan Rifan dituduh melanggar UU ITE Pasal 27 ayat (3), dengan dakwaan pencemaran nam baik melalui media elektronik.

Sebelum melaporkan keduanya, Jonru sempat menelepon Rifan. Dia menantang Rifan untuk menunjukkan bukti atas tuduhan bahwa Jonru tukang fitnah.

"Dia bahkan tak bisa membuktikan tuduhan fitnah yang dialamatkan pada saya. Artinya, dialah tukang fitnah yang sebenarnya," tulis Jonru dalam blog miliknya. [tyo]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jonru
  3. Pencemaran Nama
  4. UU ITE
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini