Nadiem Ingin Pembuat Film Indonesia Ekspor Banyak Produk Kreatif ke Luar Negeri

Kamis, 9 Januari 2020 14:03 Reporter : Tri Yuniwati Lestari
Nadiem Ingin Pembuat Film Indonesia Ekspor Banyak Produk Kreatif ke Luar Negeri Mendikbud Nadiem Makarim. Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, ingin produser di Tanah Air banyak menelurkan karya-karya kreatif yang bisa diekspor ke luar negeri. Dia yakin, produser Tanah Air mampu melakukan itu.

"Kami percaya, inovasi-inovasi yang terus dihasilkan Kemendikbud seperti ini akan mendorong tumbuhnya ekosistem kreatif Indonesia, memungkinkan pembuat film Indonesia untuk mengekspor lebih banyak produk kreatif ke luar negeri," ucap Nadiem saat jumpa pers bersama Netflix di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (9/1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memang sedang bekerjasama dengan layanan media streaming digital, Netflix, dengan membuat workshop. Kerja sama ini diharapkan mendukung pertumbuhan perfilman Indonesia, khususnya pengembangan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan perfilman.

Workshop akan diikuti 100 peserta dari penulis naskah film di Indonesia. Nantinya 15 orang akan dipilih untuk diberangkatkan ke Los Angeles, California.

"Kami apresiasi Netflix yang memberikan dukungan terhadap pertumbuhan perfilman Indonesia. Kemitraan ini kita lakukan sebagai upaya mendukung dan menginternasionalkan produksi film anak bangsa," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Kuek Yu-Chuang, Managing Director, Netflix Asia Pacific, mengaku sangat terkesan dengan cerita-cerita film dari Indonesia yang ditayangkan di Netflix. Dia berharap, dari kerjasama ini, akan ada lagi film yang mengangkat tema Indonesia tayang di Netflix.

"Kami percaya akan ada banyak cerita hebat yang dihasilkan dari Indonesia. Melalui inisiatif-inisiatif ini, kami ingin bisa berkontribusi pada pertumbuhan komunitas kreatif di Indonesia. Netflix juga berharap cerita-cerita tersebut bisa membawa tema-tema unik mengenai Indonesia dan dapat dinikmati oleh masyarakat dunia," terangnya.

Kelimabelas peserta yang berangkat ke LA akan mengikuti program "Script to Screen" di Hollywood. Dalam program tersebut para peserta akan berinteraksi dengan tim kreatif Netflix serta anggota komunitas kreatif global lainnya.

Selanjutnya, Netflix dan Kemendikbud akan mengundang para peserta workshop untuk mengirimkan konsep cerita film pendek, dan pemenangnya akan memperoleh dana sebesar USD 1 juta (sekitar Rp14 miliar) untuk memproduksi film mereka.

Netflix juga akan mengadakan Online Safety Training Program bekerja sama dengan Family Online Safety Institute serta lokakarya untuk membantu menumbuhkan tata kelola industri kreatif yang tangkas bersama dengan World Economic Forum di Jakarta. [lia]

Baca juga:
Penutupan IndoXXI Diharapkan Gairahkan Industri Perfilman RI
Situs IndoXXI Ditutup, Pemerintah Diminta Permudah Masyarakat Akses Film
Menkominfo Soal Pemblokiran Situs IndoXXI: Tidak Bisa Asal Blokir
Sedotan Ramah Lingkungan dari Rumput Liar Karya Pria Vietnam
Kerjasama SCMA dan MNCN Diharapkan Perkuat Konten Lokal
SCMA dan MNCN Kerjasama Kembangkan Industri Kreatif

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini