Musim Kemarau, 116,4 Hektare Lahan di Aceh Alami Kebakaran

Kamis, 11 Juli 2019 09:02 Reporter : Fikri Faqih
Musim Kemarau, 116,4 Hektare Lahan di Aceh Alami Kebakaran Ilustrasi Kebakaran Hutan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) memastikan luas lahan yang terbakar akibat musim kemarau yang melanda sepuluh kabupaten yang tersebar di Provinsi Aceh hingga Rabu sudah mencapai 116,04 hektare.

"Dari luas lahan yang terbakar seluas 116,04 hektare, 90 persen lokasi kebakaran sudah berhasil dipadamkan petugas," kata Kepala BPBA Teuku Ahmad Dadek seperti dilansir dari Antara, Kamis (11/7).

Jumlah kabupaten kota yang ikut terjadi kebakaran lahan tersebut tersebar di 12 kabupaten/kota dari total 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Ada pun kabupaten yang masih mengalami kebakaran lahan dan masih terus dilakukan pemadaman yakni di Kabupaten Aceh Barat dengan luas lahan yang terbakar mencapai 45 hektare, dan untuk satu kecamatan di daerah itu hingga Rabu malam masih terus berupaya dipadamkan.

Sedangkan kebakaran lahan yang sudah berhasil dipadamkan petugas BPBD bersama TNI, Polri dan pihak terkait antara lain seperti di Kabupaten Nagan Raya (32,5 hektare), Bener Meriah (0,25 hektare), Aceh Barat Daya (3 hektare), Aceh Besar (20 hektare), Aceh Selatan (3,5 hektare), Aceh Jaya (2 hektare), Aceh Tengah (1 hektare), Gayo Lues (1 hektare), Aceh Singkil (4 hektare), Kota Banda Aceh (2 hektare), Kota Sabang (2 hektare).

Selain upaya pemadaman api, pihaknya juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat, termasuk memasang spanduk di 100 titik di Aceh dengan harapan warga tidak melakukan pembakaran lahan.

"Saat ini proses pemadaman api di beberapa titik kebakaran di Kabupaten Aceh Barat masih terus dilakukan, agar sebaran api tidak semakin meluas," tutup Dadek. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini