MUI: Salat Berjemaah Tak Perlu Pakai Masker Bagi yang Sehat

Selasa, 17 Mei 2022 21:37 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
MUI: Salat Berjemaah Tak Perlu Pakai Masker Bagi yang Sehat Salat Jumat minggu terakhir Ramadan di Masjid Istiqlal. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan kebijakan dalam beribadah seiring pelonggaran protokol kesehatan diputuskan pemerintah. MUI mengizinkan salat berjemaah di masjid dan musala tanpa menggunakan masker bagi jemaah yang kondisinya sehat.

"Pemerintah telah mengambil keputusan baru untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (17/5).

Kendati terdapat pelonggaran protokol kesehatan, Asronun menuturkan, seluruh umat Muslim diimbau untuk tetap menyesuaikan diri menggunakan masker usai mengikuti salat yang menjadi fasilitas publik guna mengurangi potensi penularan Covid-19.

2 dari 3 halaman

Masjid dan Musala Tak Perlu Lagi Melipat Karpet

Selain menyesuaikan diri dalam mengurangi potensi penularan virus, masjid dan musala yang sebelumnya melipat karpet untuk melangsungkan salat berjemaah diharapkan dapat kembali menggelar karpet maupun sajadah guna memberikan kenyamanan dan kekhusyu'an dalam beribadah.

Meskipun protokol kesehatan terus mengalami pelonggaran sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia, Asrorun meminta setiap pihak untuk terus waspada dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan supaya dapat hidup dengan aman dan nyaman.

Protokol kesehatan tersebut dapat terus dilakukan melalui penggunaan masker di tempat umum, rajin mencuci tangan dengan sabun dan di bawah air mengalir serta menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

"Jika ada indikasi kurang sehat, sebaiknya istirahat dan memeriksakan diri agar cepat memperoleh penanganan. Mencegah lebih bagus sebagai wujud ikhtiar untuk terus menekan potensi peredaran sekecil apapun. Karena kita lihat bahwa wabah belum sepenuhnya hilang, seperti kasus di Korea baru-baru ini,” ujar Asrorun.

3 dari 3 halaman

Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker di Ruang Terbuka

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan sejumlah pelonggaran aturan terkait Covid-19. Kebijakan pelonggaran ini dikeluarkan karena pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali.

Jokowi mengumumkan hal itu dalam tayangan konferensi pers di Istana Bogor melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5).

Jokowi mengizinkan masyarakat tidak menggunakan masker ketika sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang. Namun, pelonggaran copot masker itu tidak berlaku bagi masyarakat kategori rentan seperti lansia atau memiliki penyakit komorbid.

Bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek juga tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas. [gil]

Baca juga:
DPR Dukung Izin Lepas Masker: Percayalah, Pemerintah Tak Ingin Pelihara Pembatasan
Satgas Covid-19 soal Izin Lepas Masker: Momentum Pemulihan Ekonomi
Menkes Minta Pengguna Transportasi Publik, Komorbid dan Lansia Tetap Pakai Masker
Alasan Pemerintah Izinkan Masyarakat Lepas Masker di Ruang Terbuka
Ini Protokol Kesehatan yang Harus Dilakukan agar Anak Terhindar dari Hepatitis
Pandemi Mulai Reda, Airlangga Minta Masyarakat Tetap Wajib Pakai Masker
Pernyataan Lengkap Jokowi Izinkan Masyarakat Lepas Masker di Ruang Terbuka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini