Moeldoko Sebut Kepala Staf Paling Pas Duduki Jabatan Wakil Panglima TNI

Rabu, 13 November 2019 15:25 Reporter : Ahda Bayhaqi
Moeldoko Sebut Kepala Staf Paling Pas Duduki Jabatan Wakil Panglima TNI Moeldoko Nilai Ada Poros Politik di Kericuhan Papua. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, calon wakil Panglima TNI paling cocok tokoh yang memiliki pengalaman sebagai kepala staf angkatan. Namun, mantan Panglima TNI itu mengaku tidak tahu siapa yang akan mengisi jabatan tersebut.

"Intinya bahwa wakil panglima bintang empat dan dia setiap saat bisa menjalankan fungsi kepanglimaan maka seyogyanya memang sudah punya pengalaman kepala staf angkatan," ujar Moeldoko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11).

Moeldoko menanggapi menguatnya nama Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa sebagai calon wakil Panglima TNI. Dia menuturkan, hal tersebut merupakan urusan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Panglima yang melihat, kok tanya gua," katanya.

1 dari 1 halaman

Bertugas Menggantikan Posisi Ditinggal Sementara Panglima

Moeldoko mengatakan, posisi wakil Panglima TNI telah didasarkan beberapa pertimbangan. Pertama, secara empirik posisi tersebut pernah ada. Kedua, terkait dengan pertimbangan operasional.

Moeldoko berkata, Panglima TNI kerap melakukan perjalanan ke luar negeri untuk memantau pasukan yang tengah melakukan operasi. Tugas wakil Panglima TNI nantinya untuk menggantikan posisi yang ditinggal sementara.

"Sehingga keberadaan Panglima sering meninggalkan tempat. Nah kalau itu yang terjadi maka panglima selama ini membuat surat perintah kepada kepala staf angkatan eks selaku panglima karena tugas panglima dan kepala staf angkatan sangat berbeda," jelas Moeldoko.

Dia menjelaskan, Panglima dan kepala staf dalam kotak yang berbeda. Sehingga, tugas Panglima TNI tidak bisa digantikan oleh Kepala Staf Umum

"Beda Kasum itu kotaknya berada di sini dia kepala staf umum tugasnya hanya mengkoordinir seluruh asisten yang ada di bawah mereka. Sehingga dia tidak punya tugas komando. Dia tidak bisa mengerahkan operasi dia tidak bisa mengerahkan kekuatan enggak bisa mengendalikan operasi, enggak bisa dia," ujar Moeldoko.

Diketahui, saat ini Kepala Staf Angkatan Darat dijabat Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana dijabat Ade Supandi. Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Udara saat ini dijabat oleh Marsekal Yuyu Sutisna. [gil]

Baca juga:
Jokowi: Penunjukan Wakil Panglima TNI Bisa Minggu Depan, Bisa Tahun Depan
Eselon Mau Dipangkas, Tapi Jokowi Tambah Banyak Jabatan
PDIP Dukung Jokowi Aktifkan Kembali Jabatan Wakil Panglima TNI
Jabatan Wakil Panglima TNI Tak Mendadak, Sudah Dikaji dari Zaman Moeldoko
Soal Wakil Panglima TNI, Ma'ruf Sebut Tugas Panglima Saat Ini Cukup Berat

Topik berita Terkait:
  1. Wakil Panglima TNI
  2. TNI
  3. Jakarta
  4. Moeldoko
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini