Moeldoko Nilai Referendum Pemindahan Ibu Kota Tidak Perlu, Jokowi Sudah Izin ke DPR

Jumat, 23 Agustus 2019 14:41 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Moeldoko Nilai Referendum Pemindahan Ibu Kota Tidak Perlu, Jokowi Sudah Izin ke DPR Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. ©2019 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai referendum pemindahan ibu kota tidak diperlukan. Sebab, menurutnya, Presiden Joko Widodo sudah meminta izin kepada DPR sebagai lembaga perwakilan rakyat.

"Saya pikir kita punya dewan yang mewakili ada anggota dewan. Kemarin Presiden minta izin kepada anggota dewan untuk nantinya bisa merestui karena nanti akan dilarikan ke Undang-undang. Jadi tidak sejauh itulah," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Sementara Wakil Ketua DPR Fadli Zon setuju dengan referendum ibu kota yang diwacanakan oleh mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

"Kajian itulah yang disosialisasikan kepada masyarakat. Saya kira ada bagusnya juga. Kalau perlu diadakan referendum ya, seperti usulan itu, agar ada pendapat masyarakat. Apa sih pendapat masyarakat? Apakah memang perlu pindah ibu kota atau tidak?" kata Fadli.

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengusulkan referendum terkait pemindahan ibu kota. Sandi menilai seharusnya semua warga Indonesia dilibatkan dalam pengambilan keputusan memindahkan ibu kota ke Kalimantan. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini