Modus Investasi Katering, Ibu Rumah Tangga Tipu Warga Kebumen Hingga Rp900 Juta

Senin, 15 Juni 2020 21:01 Reporter : Abdul Aziz
Modus Investasi Katering, Ibu Rumah Tangga Tipu Warga Kebumen Hingga Rp900 Juta Investasi Katering Bodong di Kebumen. ©2020 Merdeka.com/Abdul Aziz Rasjid

Merdeka.com - Seorang ibu rumah tangga, SP (37) warga Kecamatan Cilincing, Kota Jakarta Utara harus berurusan dengan polisi karena kasus dugaan penipuan. Dia menipu warga Kebumen dengan modus investasi katering yang ternyata bodong.

Dari puluhan warga selaku penanam modal, pelaku berhasil meraup untung Rp900 juta. Awal terkuaknya kasus ini berasal dari laporan salah satu korban, warga Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Dia merasa ditipu karena keuntungan 10 persen setiap bulan yang harus diterimanya, ternyata tidak kunjung diberikan.

Padahal korban telah melakukan transfer kepada SP sebanyak Rp25 juta sebagai modal usaha bersama sejak bulan Desember 2019 silam. Janji manis keuntungan Rp2,5 juta yang akan diberikan pada akhir bulan, tidak diberikan tersangka.

SP yang kebetulan ngontrak di samping rumah korban selalu berbelit jika ditagih mengenai uang usaha bersama itu. "Modusnya investasi modal usaha katering. Tiap bulan akan ada keuntungan dari setiap modal yang dititipkan ke tersangka. Namun usaha katering itu tidak pernah ada," jelas Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat press release, Senin (15/6).

Berdasarkan keterangan tersangka, masih banyak korban lain yang menitipkan uang kepadanya. Jika ditotal, dari para korban, tersangka telah menerima uang hampir mendekati Rp1 miliar.

"Pertama ada yang ngasih Rp10-25 juta. Selanjutnya Rp60 juta. Ada pula yang Rp140 Juta. Bahkan ada yang Rp700 juta. Total kurang lebih Rp935 Juta Rupiah. Hampir satu miliar rupiah," terang AKBP Rudy.

Baca Selanjutnya: Tersangka Ingin terlihat kaya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini