Mobil Kepresidenan Jokowi mogok, Istana sebut karena telah berumur

Senin, 20 Maret 2017 16:35 Reporter : Rizky Andwika
Mobil kepresidenan di pelantikan Jokowi-JK. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Mobil Kepresidenan Presiden Joko Widodo mogok saat Presiden tengah melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat. Mobil merek Mercedes Benz dengan tipe S600 Guard itu mengalami kendala pada pengaturan gas.

Kepala Sekretariat Presiden, Darmansjah Djumala menilai wajar mobil Kepresidenan yang mogok tersebut. Ia mengatakan mobil itu telah 'berumur'. Padahal, mobil itu dirawat dan dicek kondisinya secara rutin.

"Karena faktor umur sudah 10 tahunan jadi memang mobil itu ada aja detail kecil yang haus. Tetapi itu masih bisa dipakai," kata Darmansjah di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/3).

Darmansjah menjelaskan, mobil tersebut masih tergolong layak digunakan sebagai kendaraan VVIP. Meski demikian, ia belum dapat menjamin apakah mobil tersebut akan terus digunakan sebagai mobil Kepresidenan.

"Saya belum cek ke pemeliharaan apakah akan jalan baik atau tidak. Kan baru kemarin (Mogoknya)" ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Kepresidenan, Bey Machmudin menjelaskan peristiwa mogoknya mobil kepresidenan itu terjadi saat Presiden Joko Widodo usai meresmikan PLTG Mentawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3).

"Iya, mogok di perjalanan setelah menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit. Mogok karena bermasalah pada setingan gas, sehingga laju kendaraan tidak bisa dalam keadaan normal," kata Bey, Senin (20/3).

Bey menjelaskan akibat mogoknya mobil kepresidenan itu, Presiden Joko Widodo saat itu yang didampingi Ibu Negara, Iriana harus pindah ke mobil Toyota Alphard.

"Ajudan (Presiden) mengecek situasi lebih dulu, kemudian Ibu Negara naik ke Alphard, baru Bapak (Joko Widodo) menyusul," jelasnya.

Proses ganti mobil tersebut, lanjut Bey, tak berlangsung lama. Hanya sekitar lima menit, Presiden dan Ibu Negara langsung pindah mobil untuk melanjutkan perjalanan.

"Kejadiannya saat menuju daerah di Kabupaten Kubu Raya, saat hendak makan siang," jelas Bey.

[msh]

Topik berita Terkait:
  1. Presiden Jokowi
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.