Misteri makam 10 pahlawan nasional

Jumat, 8 November 2013 17:13 Reporter : Fikri Faqih
Tan Malaka. ©blogspot.com

Merdeka.com - Dari 159 tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional, 10 di antaranya hingga saat ini belum diketahui makamnya.

"Ada 10 pahlawan nasional yang belum diketahui makamnya. Ini menjadi tugas keluarga karena pemerintah tidak menjangkau ke situ," kata Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial Hartono Laras di Jakarta, Jumat (8/11).

Sepuluh pahlawan tersebut yaitu Yos Sudarso, Supriyadi, Muwardi, Tan Malaka, Martha Christina Tijahahu, I Gusti Ketut Jelantik, Pattimura, Anak Agung Gde Agung, Slamet Riyadi, dan I Gusti Ketut Pudja.

Hingga saat ini pemerintah telah memberikan gelar pahlawan nasional kepada 159 tokoh, di mana 12 di antaranya perempuan.

Kepada ahli waris, pemerintah memberikan bantuan berupa tunjangan sebesar Rp 1,5 juta setiap bulan dan bantuan kesehatan Rp 3 juta setahun. Selain itu, jika rumah ahli waris tidak layak huni akan dibantu perbaikan rumah sebesar Rp 25 juta.

"Mereka berhak dimakamkan di taman makan pahlawan, baik di pusat maupun daerah, tapi bagi ahli waris yang tetap menginginkan makamnya di tempat semula akan dilakukan perawatan," tambah Hartono dikutip antara.

Untuk 2013, pemerintah melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan menetapkan tiga tokoh menyandang gelar pahlawan nasional.

Tokoh tersebut yaitu, Radjiman Wedyodiningrat yang lahir di Yogyakarta 21 April 1879 dan dimakamkan di daerah kelahirannya. Radjiman adalah Ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Selain itu, gelar pahlawan nasional juga dianugerahkan kepada Lambertus Nicodemus Palar (LN Palar), lahir di Rurukan, Tomohon, Sulawesi Utara pada 5 Juni 1900.

Ia menjabat wakil Republik Indonesia dalam beberapa posisi diplomatik di Perserikatan Bangsa-Bangsa. LN Palar dimakamkan di TMPN Kalibata Jakarta.

Tokoh lainnya adalah TB Simatupang yang lahir di Sidikalang, Sumatera Utara pada 28 Januari 1920. Tokoh militer di Indonesia itu dimakamkan di pemakaman Tanah Kusir Jakarta. [tts]

Topik berita Terkait:
  1. Pahlawan Nasional
  2. Hari Pahlawan
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.