Meski Sudah Berumur 103, Nenek Tiwa Berangkat Haji Sendiri

Rabu, 10 Juli 2019 10:50 Reporter : Erwin Yohanes
Meski Sudah Berumur 103, Nenek Tiwa Berangkat Haji Sendiri Nenek Tiwa Berangkat Haji. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Meski usia sudah menginjak seabad lebih, ternyata tidak menjadi penghalang bagi Tiwa binti Sajarin untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci, Mekkah.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komunikasi Haji Terpadu (Siskohat) Jawa Timur, wanita asal Desa Beruh, Kabupaten Pamekasan, Madura ini sudah berumur 103 tahun.

Tiwa bisa dikatakan sebagai nenek yang pemberani. Sebab, meski umur sudah tidak muda lagi, ia berani menunaikan ibadah haji sendiri, tanpa ditemani oleh keluarganya.

Nenek yang tak bisa berbahasa Indonesia dengan lancar ini mengaku, tak ditemani dua anaknya lantaran mereka sudah pernah pergi haji lebih dulu.

Selain itu, kepergiannya ke tanah suci ini, memang sengaja diberangkatkan dan dibiayai oleh sang anak. Ia pun mengaku tak mempermasalahkan mengapa baru pergi haji di umur yang tak lagi muda. Sebab, baginya rezeki yang diperoleh baru ketika dirinya sudah berumur sedemikian rupa.

"Enggak apa-apa, memang rezekinya baru sekarang," ujarnya dalam bahasa Madura yang diterjemahkan, Selasa (9/7).

Tiwa mengaku, saat ini ia tidak memiliki masalah dalam kesehatan fisiknya. Sebab, selama ini dirinya sudah terbiasa bekerja keras dan minum jamu tradisional.

Kebiasaan minum jamu-jamuan tradisional, juga diyakininya menyebabkan tubuhnya masih segar bugar meski sudah berumur. Di Mekkah nanti, ia juga berencana tidak menggunakan kursi roda, meski sudah ditawari oleh panitia haji.

"Pokoknya kuat lah. Dikuat-kuatkan," katanya tersenyum kecil.

Dalam haji kali ini, Tiwa diketahui tergabung dalam Jemaah Calon Haji dari Embarkasi Surabaya kloter 11. Ia dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada Rabu (10/7) pukul 01.00 Wib tadi. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini