Meski Kasus Sudah Melandai, Bekasi Masih Periksa Ratusan Spesimen Corona Setiap Hari

Rabu, 3 Juni 2020 19:36 Reporter : Adi Nugroho
Meski Kasus Sudah Melandai, Bekasi Masih Periksa Ratusan Spesimen Corona Setiap Hari Rapid Test Drive Thru. ©2020 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat setiap hari masih memeriksa ratusan spesimen virus corona. Walaupun, tingkat penularan virus tersebut dianggap telah melandai.

"Setiap hari spesimen diperiksa 120 sampai 200 sampel," kata Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah ketika dihubungi pada Rabu (3/6).

Alamsyah mengatakan, sampel tersebut merupakan milik pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP) maupun hasil tes secara acak di masyarakat. Adapun pemeriksaan dilakukan di Labkesda Cikarang.

"Penyebaran atau penularan sudah melandai," kata Alamsyah.

Berdasarkan data, kata dia, dalam sepekan terakhir hanya ada dua kenaikan kasus positif Covid-19 dari 176 sekarang menjadi 178. Rinciannya 127 pasien positif dinyatakan sembuh, 15 meninggal dunia, 18 masih dalam perawatan di rumah sakit, dan 18 menjalani isolasi mandiri.

Karena kasus sudah melandai ini, pihaknya sudah siap menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) mulai setelah PSBB berakhir pada 4 Juni besok. Hanya saja, kata dia, penerapan kebiasaan baru ini menunggu kebijakan di DKI sebagai episenter virus sejak awal.

"Kita siap menerapkan new normal," kata dia yang menyebut masih memiliki ketersediaan alat PCR maupun rapid test. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini