Merdeka Award 2022 Jadi Motivasi Kemenko Marves Picu Kreativitas

Kamis, 30 Juni 2022 18:00 Reporter : Syifa Hanifah
Merdeka Award 2022 Jadi Motivasi Kemenko Marves Picu Kreativitas Merdeka Award 2022 Program Inovatif untuk Negeri Kemenko Kemaritiman dan Investasi. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Merdeka Award 2022 untuk kategori program inovatif untuk negeri di antaranya diberikan kepada Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Kepala Biro (Karo) Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Andreas Dipi Patria mengatakan, Merdeka Award salah satu event yang terus memberikan motivasi dan semangat untuk terus mencari terobosan-terobosan baru.



"Dan kami melihat setiap kriteria dan jenis penghargaan berbeda setiap tahun, mengikuti perkembangan zaman, mengikuti tren terkini sehingga pada perjalanannya menyesuaikan dengan situasi terbaru," katanya usai menerima Merdeka Award dalam Acara Merdeka Award 2022 digelar di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta dengan tema "Inspirasi Indonesia", Kamis (30/6).

Andreas mengatakan, Merdeka Award ini mendorong semua pihak untuk terus berinovasi dengan meningkatkan kreativitas dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.



"Jadi ini merupakan salah satu media atau sarana untuk terus menjaga semangat memicu kreativitas dan tentu saja harapannya akan melahirkan satu generasi-generasi baru yang terus melihat bagaimana contoh-contoh kreativitas itu ditampilkan disampaikan kepada publik dan diketahui khalayak banyak," kata Andreas.

Ada 5 kategori dalam penghargaan Merdeka Award 2022. Program Inovatif untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Inovasi Digital, Program Pemberdayaan UMKM dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

2 dari 2 halaman

Inovasi Kemenko Marves


Inovasi yang sudah dilakukan oleh Kemenko Marves, seperti, Gerakan Nasional Belanja Pengadaan Pemerintah Untuk Usaha Mikro dan Usaha Kecil. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) termasuk Industri Kecil dan Menengah.



Sedangkan untuk pelayanan publik, terdapat aplikasi PESAN (Pengelolaan Sistem Informasi Aspirasi Kemaritiman) masyarakat dengan mudah menyampaikan aspirasinya, tidak peduli jarak dan waktu, hanya menggunakan internet.

Mempermudah publik dalam menyampaikan aspirasinya, ada juga program Bersih Indonesia

Inovasi digitalisasi juga dilakukan Kemenko Marves, antara lain; Aplikasi kepegawaian MARVES HR, aplikasi Tomps.id, Podcast Maves dan Film Seri ‘Mangi-Mangi’.

Merdeka Award 2022 dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin dan Managing Director EMTEK, Sutanto Hartono, yang hadir secara virtual. Sementara itu, hadir secara langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Aris Darmansyah Edisaputra, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo I Nyoman Adhiarna, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu.

[idr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini