Menyoal Obat Tradisional Hingga Jamu yang Diklaim Ampuh Sembuhkan Covid-19

Minggu, 28 Juni 2020 19:18 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Menyoal Obat Tradisional Hingga Jamu yang Diklaim Ampuh Sembuhkan Covid-19 Ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania menyoroti berbagi macam obat, jamu maupun herbal yang diklaim menyembuhkan Covid-19. Menurutnya, belum ada uji klinik untuk membuktikan ramuan itu bisa menyembuhkan corona.

"Kita sudah lihat sejak awal pandemi Covid ini di Indonesia tidak hanya obat tetapi ada banyak sekali obat tradisional jamu, herbal yang diklaim dapat mengobati Covid-19 tanpa ada penelitian satupun dan ini sangat menghebohkan di masyarakat," dia dalam diskusi virtual, Minggu (28/6).

Inggrid tak menampik ada pihak yang mencari keuntungan soal obat yang diklaim bisa menyembuhkan covid. Para pihak itu dengan mudahnya menilai obat itu bisa mengobati corona hanya berdasarkan testimoni.

"Kita lihat juga banyaknya fenomena banyaknya endorser dari kalangan orang berpenguasa atau berpengaruh di kita terhadap suatu obat, obat tradisional maupun jamu yang di berbagai media dia mengklaim mengatakan suatu jamu ini bisa menyembuhkan covid 19, ini jadi masalah," ujarnya.

Saat ini PDPOTJI tengah melakukan uji klinik bersama LIPI, Balitbangkes, PDPI dan Kimia Farma dengan dibantu dukungan teknis BPOM terkait obat untuk menyembuhkan Covid-19.

"Kami sedang melaksanakan uji klinik saat ini sedang berlangsung tapi persiapannya sangat memakan waktu," ucapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini