Menunggu Polri Bongkar Motif Ferdy Sambo Perintahkan Anak Buah Tembak Brigadir J

Rabu, 10 Agustus 2022 07:41 Reporter : Nur Habibie
Menunggu Polri Bongkar Motif Ferdy Sambo Perintahkan Anak Buah Tembak Brigadir J Kapolri Umumkan Penetapan Ferdy Sambo Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Polri telah menetapkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka atas kasus tewasnya Brigadir J alias Nopryansah Yosua Hutabarat. Selain itu, polisi juga menetapkan Bharada E alias Richard Eliezer, Bripka RR alias Ricky Rizal dan KM alias Kuwat Maruf sebagai tersangka atas kasus yang sama.

Salah satu teka-teki yang belum terungkap adalah motif Ferdy Sambo memerintahkan anak buah untuk menembak Brigadir J.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, apa yang dilakukan anggotanya itu merupakan komitmen Polri dalam mengungkap perkara dugaan pembunuhan tersebut.

"Tentunya langkah-langkah dari Timsus ini adalah merupakan wujud komitmen Polri untuk usut tuntas perkara ini secara akuntabel, jujur, terbuka, transparan sesuai harapan masyarakat," kata Sigit kepada wartawan, Selasa (9/8) malam.

Selain itu, apa yang dilakukan oleh Korps Bhayangkara ini juga untuk menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak ragu dalam mengusut kasus tewasnya Brigadir J.

"Dan harapan Bapak Presiden jangan ragu-ragu, jangan ada yang ditutup-tutupi. Ungkap kebenaran, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada publik," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Irjen Ferdy Sambo Tersangka

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan tersangka baru terkait kasus kematian Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Kapolri menetapkan mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus kematian Brigadir J.

"Timsus telah menetapkan saudara FS sebagai tersangka," kata Kapolri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8).

3 dari 3 halaman

Dalami Motif

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan menjadi tersangka. Ferdy Sambo diduga memerintahkan untuk menghabisi Brigadir J. Polisi pun masih mendalami motif yang memicu Sambo memerintahkan pembunuhan itu.

"Motif penembakan saat ini tentunya masih dilakukan pemeriksaan dan pendalaman terhadap saksi termasuk kepada ibu PC," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Selasa (9/8).

Kapolri melanjutkan, timsus dapat titik terang dengan melakukan proses penanganan dan pemeriksaan spesifik libatkan forensik, olah TKP, Puslabfor untuk uji balistik.

"Termasuk alur tembakan, CCTV dan HP oleh labfor," terangnya. [cob]

Baca juga:
Ini Sosok KM, Tersangka Ketiga Kasus Pembunuhan Brigadir J
Periksa Hasil Uji Balistik, Komnas HAM Minta Puslabfor Hadirkan Senjata dan Peluru
Ferdy Sambo di Pusaran Pembunuhan Brigadir J: Sebatas Skenario atau Ikut Menembak?
Ungkap Kasus Brigadir J, Kapolri Kembali Buktikan 'Potong Kepala Ikan Busuk'
Ferdy Sambo dan Skenario di Balik Kematian Brigadir J
Kuasa Hukum Ferdy Sambo Minta Kasus Laporan Dugaan Pelecehan Seksual Tetap Diusut

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini