Menteri Yuddy beri kelonggaran PNS yang bolos kerja hari ini

Rabu, 22 Juli 2015 11:27 Reporter : Ferrika Lukmana Sari
Menteri Yuddy beri kelonggaran PNS yang bolos kerja hari ini Menteri Yuddy sidak PNS bolos. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi, melakukan sidak ke beberapa instansi salah satunya Balai Kota DKI Jakarta. Dia mengecek apakah masih banyak PNS yang membolos atau tidak karena per hari ini PNS sudah aktif kerja.

Hasil sidak yang dia lakukan, memang banyak PNS yang belum masuk. Tapi dia yakin, ketidakhadiran itu bukan karena membolos tapi ada yang sedang cuti atau ada kendala saat arus balik.

"Jangan pikir mereka bolos, sebagian besar menjalankan cutinya selama 12 hari," kata Yuddy di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara di Jakarta pada Rabu (22/7).

Menurut dia, Pegawai Negeri Sipil (PNS) diberikan hak cuti selama 12 hari dalam setahun. Umumnya, cuti itu diambil PNS pada hari raya Idul Fitri, Natal dan libur sekolah. Hari ini, kata dia, lebih kurang 32,4 persen atau 118 pegawai memilih mengambil cuti Lebaran.

Selain karena cuti, Yuddy juga yakin banyak PNS yang belum masuk hari ini karena terjebak macet saat arus balik menuju Jakarta. Bisa jadi, banyak juga yang belum balik karena kehabisan uang saat mudik.

"Mungkin ada masalah transportasi, saya saja dari Bandung ke Jakarta baru sampai jam 4 pagi. Selain itu bayangkan ada belasan ribu pegawai dengan gaji rendah sekitar 5 sampai 10 juta, kehabisan uang karena mudik yang tidak direncanakan dengan baik," jelasnya.

Namun, apabila dia menemukan pegawai yang sengaja membolos akan diberikan ganjaran berat. Seperti tak dapat promosi pangkat atau jabatan.

"Bisa tidak dipromosikan pangkat, penurunan jabatan sampai pemberhentian hormat dan tak hormat," katanya.

[lia]

Topik berita Terkait:
  1. Yuddy Chrisnandi
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini