Menteri Yohana minta pembunuh Angeline dihukum seberat-beratnya

Jumat, 12 Juni 2015 00:16 Reporter : Sri Wiyanti
Menteri Yohana minta pembunuh Angeline dihukum seberat-beratnya menteri yohana yambise. ©youtube

Merdeka.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Yohana Yambise meminta kepolisian menghukum pelaku pembunuhan Angeline dihukum seberat-beratnya. Ia juga berharap aparat kepolisian tidak membebaskan Margareta dengan kedua anaknya yang kini ditahan.

"Kami akan melakukan investigasi yang lebih serius lagi, kasus ini harus benar-benar dikaji lagi,” ujar Yohana saat ditemui usai menghadiri pesepsi pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Kamis (11/6) malam.

Ia menegaskan, sudah saatnya undang-undang perlindungan anak dan kekerasan dalam rumah tangga dilaksanakan dengan tegas. Ia menilai undang-undang tersebut selama ini hanya dibuat tanpa dilaksanakan.

"Kami akan menegakkan undang-undang dengan komunikasi dengan gubernur dan bupati/wali kota di masing-masing daerah. Selain itu akan membangun mitra kerja dengan PKK," tandasnya.

Saat ini, lanjut dia, pemerintah tengah menyelidiki prosedur adopsi Angeline. Dia meminta pelaku dihukum berat, dengan hukuman minimal lima tahun penjara dan dendanya Rp 5 miliar. Namun untuk kasus ini, dia mengatakan pelaku bakal dijatuhi pasal berlapis.

Di tempat yang sama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus tersebut.

"Harus diusut tuntas, kalau memang ada indikasi pelaku lebih dari satu orang, polisi harus mengungkapkannya seterang-terangnya,” tegasnya.

Apa yang terjadi pada Angeline, kata dia, sudah sangat biadab, sehingga pelakunya harus mendapatkan hukuman yang seberat-beratnya. Apalagi diduga pelaku pembunuhan tidak hanya tunggal.

“Ini sangat biadab sekali, apalagi korbannya anak kecil. Ada unsur perkosan dan penyiksaan,” kesalnya. [ren]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini