Menteri Yohana: Baru 3 provinsi sukses lakukan pembangunan gender

Kamis, 21 April 2016 14:03 Reporter : Novita Intan Sari
Menteri Yohana: Baru 3 provinsi sukses lakukan pembangunan gender Menteri Yohana Temui Korban Pedofilia. ©2016 merdeka.com/imam mubarok

Merdeka.com - Menteri Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan anak Yohana Yambise mengatakan kualitas pembangunan gender di Indonesia harus ditingkatkan. Saat ini, kata dia, pembangunan gender di Indonesia masih sangat tertinggal meskipun menunjukkan peningkatan setiap tahunnya.

"Indeks pembangunan gender di Indonesia masih jauh tertinggal, baru tiga provinsi yang memperlihatkan indeks pembangunan manusia dan gender, yakni DKI Jakarta, Yogyakarta dan Sulawesi Utara," ujarnya di kantornya, Jakarta, Kamis (20/4).

Yohana menilai, diskriminasi terhadap perempuan di Indonesia masih cukup tinggi. Apalagi soal kesetaraan bahkan masih belum terlihat. Berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan terus terjadi di Indonesia.

"Kekerasan di dalam rumah tangga, bagaimana ibu jadi korban, perempuan ialah korban, kekerasan ini dalam bentuk fisik, psikis dan seksual," jelas dia.

Meski demikian, terang Yohana, sudah ada perempuan yang berhasil di bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan budaya. Untuk itu, pada tahun ini prioritas kebijakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan meningkatkan kapasitas lembang perlindungan perempuan, meningkatkan akses anak pada pelayanan berkualitas, meningkatkan efektivitas lembaga perlindungan anak dan mendorong persamaan gender.

"Di tingkat perguruan tinggi lebih banyak perempuan, bisnis perempuan juga maju, perempuan hebat di Indonesia," ungkapnya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini