Menteri Pertanian janji berikan apapun yang diminta Aceh

Rabu, 10 Desember 2014 14:39 Reporter : Afif
Menteri Pertanian janji berikan apapun yang diminta Aceh Amran Sulaiman. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kedatangan Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Andi Amran Sulaiman, ke Aceh membawa angin segar bagi sektor pertanian. Dalam kunjungan ini, Mentan berjanji untuk memperbaiki sejumlah irigasi di Aceh seluas 55.700 ha dan optimalisasi lahan 20.270 ha.

Selain itu, Mentan RI juga akan memberikan sebanyak 164 traktor yang akan sampai ke Aceh dalam dua minggu ini. Pompa air 36 unit, pupuk urea 565.000 kg, pupuk NPK 369.450 kg serta benih padi 70.675 kg.

Hal yang diinginkan oleh Mentan adalah Pemerintah Aceh agar bisa meningkatkan produksi padi pada tahun 2015 mendatang hingga 2,7 juta ton dari rencana produksi 2,3 juta ton.

Agar rencana tersebut bisa direalisasikan, Mentan H. Andi Amran Sulaiman mempertanyakan pada Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf yang menyambut langsung apa yang dibutuhkan. Nantinya Pemerintah Pusat akan memenuhinya apapun yang dimintanya agar rencana peningkatan produksi padi bisa tercapai.

"Kalau Pemerintah Aceh menyanggupi, sekarang silakan sebut apa yang diperlukan untuk mencapai angka tersebut, saya akan bantu, termasuk pemberian benih, pupuk serta traktor," ujar Andi kemarin, Rabu (10/12) di Banda Aceh.

Mentan RI hanya mengingatkan kepada Pemerintah Aceh agar segera melakukan pengecekan saluran irigasi dan optimalisasi lahan dalam bulan Desember 2014. Sehingga realisasi padi yang direncanakan itu bisa tercapai nantinya.

"Agar pada Januari 2015 semua berjalan sesuai target, tidak disibukkan lagi dengan pengecekan, nanti kita sudah harus menjalankan program ini pada 1 Januari," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf berharap dengan bantuan tersebut Aceh dapat mencapai target swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan bantuan ini kita harap Aceh swasembada pangan dan mensejahterakan petani dan masyarakat Aceh," pungkasnya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Aceh
  2. Amran Sulaiman
  3. Mentan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini