Menteri LHK: Kerusakan Mangrove Lebih Dari 600 Ribu Hektare

Selasa, 28 September 2021 15:31 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menteri LHK: Kerusakan Mangrove Lebih Dari 600 Ribu Hektare Presiden Jokowi tanam mangrove di Bengkalis. ©Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menjelaskan kerusakan mangrove tercatat kurang lebih 600.000 hektare. Permasalahan dan ancaman terhadap ekosistem mangrove antara lain alih fungsi kawasan menjadi lahan pertanian, perkebunan, pemukiman, perikanan (tambak) dan infrastruktur.

"Ditargetkan untuk dilakukan upaya pemulihan dan rehabilitasi sampai dengan tahun 2024 melalui komitmen para pihak baik pemerintah maupun non-pemerintah," kata Siti usai melakukan penanaman mangrove bersama Presiden Joko Widodo di Pantai Wisata Raja Kicik, Bengkalis, Riau, Selasa(28/9).

Tidak hanya itu dia juga menjelaskan ancaman terhadap ekosistem mangrove juga karena adanya illegal logging, pencemaran limbah, dan abrasi pantai akibat gelombang laut.
Sebab itu pemerintah secara konsisten terus mendorong upaya-upaya rehabilitasi ekosistem mangrove dengan melibatkan semua pihak yang terkait, terutama masyarakat di seluruh provinsi di Indonesia.

"Rehabilitasi mangrove bertujuan memulihkan kawasan hutan mangrove yang mengalami kerusakan, meningkatkan tutupan hutan mangrove serta meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Untuk diketahui rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) merupakan upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan guna meningkatkan daya dukung, produktivitas, dan peranannya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan.

Diketahui sebelumnya kegiatan rehabilitasi mangrove di Kabupaten Bengkalis dilakukan pada lahan seluas 1.292 hektare (tahun 2020 seluas 319 hektare dan tahun 2021 seluas 973 hektare) dengan melibatkan masyarakat lokal. Adapun penanaman mangrove bersama masyarakat di Pantai Wisata Raja Kicik, Kabupaten Bengkalis dilakukan pada lahan seluas kurang lebih 7 hektare dari total luasan 100 hektare. [bal]

Baca juga:
Jokowi Sebut Indonesia Punya Hutan Mangrove Terluas di Dunia 3,36 Juta Hektare
Saat Jokowi Hujan-hujanan Tanam Mangrove: Semua Masuk Air, Masa Saya di Darat Sendiri
Jokowi Harap Rehabilitasi Mangrove Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pantai Raja Kecik
Jokowi: 2021 Kita akan Rehabilitasi Mangrove di Seluruh Tanah Air
Jokowi akan Tanam Mangrove Bersama Masyarakat di Riau dan Kepri

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini