Menteri Desa dan Transmigrasi Nilai Merdeka Award Sederhana Tapi Bermakna

Jumat, 2 April 2021 16:10 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menteri Desa dan Transmigrasi Nilai Merdeka Award Sederhana Tapi Bermakna Merdeka Award Daerah dengan Kesetiakawanan Menginspirasi. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Media online merdeka.com menggelar pemberian penghargaan bertajuk Merdeka Award 2021 yang mengambil tema Inspirasi di Tengah Pandemi. Salah satu kategori penghargaan diberikan kepada desa dengan kesetiakawanan yang menginspirasi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar hadir dan memberikan penghargaan bagi sosok-sosok kepala desa yang inspiratif. Terutama dalam upaya mendorong kesetiakawanan di lingkungan desa yang mereka pimpin. Dia menilai kategori tersebut memang terlihat sederhana Namun punya makna yang dalam.

"Saya nilai bagus banget. Sederhana tapi mengena dan bermakna," ujar pria yang akrab disapa Gus Menteri dalam Acara Merdeka Award 2021, Jumat (2/4).

Kementerian yang dipimpinnya memiliki cara khusus dalam mendampingi dan mendorong pembangunan Desa. Salah satunya program replikasi.

merdeka award daerah dengan kesetiakawanan menginspirasi

Program replikasi mendorong desa untuk mencontoh strategi pembangunan dari desa percontohan. Desa-desa contoh merupakan desa yang dianggap berhasil dalam menyiapkan dan mengeksekusi program-program pembangunannya.

"Di website Kementerian Desa ada yang namanya desa contoh. Karena memang pola pembangunan di desa yang kita kembangkan, selain kita melakukan pendampingan juga pola replikasi," kata dia.

Program ini tidak menyodorkan banyak teori pembangun kepada pemerintah desa. Sabab yang ditonjolkan yakni pengalaman berhasil atau success story satu desa dalam melaksanakan pembangun. Dengan demikian pengalaman itu dapat ditiru oleh desa lain.

"Sehingga tidak usah banyak teori, kita kasih contoh, itu loh Desa yang sukses dalam pengelolaan BUMDes. Pelajari ambil yang baik, yang cocok dengan kondisi desanya. Yang tidak cocok jangan diambil," terang dia.

merdeka award daerah dengan kesetiakawanan menginspirasi

Berikut ini penerima penghargaan Merdeka Award kategori daerah dengan kesetiakawanan yang menginspirasi:

1. Desa Margosari
Kegiatan Bank Duafa untuk masyarakat miskin terdampak pandemi.

2. Desa Dunguswiru
Menghadirkan ATM Beras dan BLT untuk masyarakat miskin.

3. Desa Pempatan
Observasi dan penghijauan hutan desa serta pengembangan wisata desa. Memiliki program posyandu bayi dan balita serta pemberian bantuan kepada keluarga miskin, lansia dan difabel. Pembinaan PKK dalam kesetaraan gender dan pembinaan kepada kelompok - kelompok dan usahan binaan bumdes.

4. Desa Sewurejo
Kegiatan penguatan kapasitas Pokmas difabel, pendampingan, pemberian ternak dan UMKM difabel.

5. Desa Sumbermulyo
Menghadirkan posyandu remaja "Puspa Edelweis" yang menjadi wadah bagi sosialisasi dan vokasi terkait kekerasan perempuan dan anak.

6. Desa Serai
Kegiatan kesehatan ibu dan anak selama pandemi, penanganan masalah sosial remaja hingga lansia serta pendampingan keluarga miskin berupa bantuan langsung tunai (BLT).

7. Desa Berdoro
Kegiatan pelatihan dan penguatan penyandang disabilitas.

8. Desa Menganto
Kegiatan sumber ilmu yaitu memfasilitasi tempat penitipan anak berkebutuhan khusus, kejar paket abc dan rumah baca.

9. Desa Bukit Sungkai
Kegiatan pos kesehatan jiwa. Pemeriksaan kesehatan lansia, pemberian makan bergizi, memberikan santunan masyarakat miskin dan warga hingga pemeriksaan kesehatan dan pemberian makanan tambahan untuk balita. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Merdeka Award
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini