Menteri Basuki Lima Tahun Bersama Jokowi, Dari Kerja Sampai Urusan Perut

Rabu, 9 Oktober 2019 11:08 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Menteri Basuki Lima Tahun Bersama Jokowi, Dari Kerja Sampai Urusan Perut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tidak pernah absen mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja. Bukan hanya bekerja, untuk urusan perut, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga sering mengajak Menteri Basuki. Dari restoran hingga jajanan pinggir jalan mereka susuri.

"Saya, sering ke lapangan apalagi bersama bapak Presiden. Beliau itu seringnya ngajak kuliner. Beliau itu ngajak kuliner yang khas daerah. Tidak harus di hotel dan di restoran besar, bisa di Palembang itu makan malam di Bang Roy," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (9/10).

Basuki bercerita, selama lima tahun bersama kabinet kerja jilid I, disiplin dikedepankan. Pengambilan keputusan juga tidak perlu repot menggelar rapat.

"Kerjanya fokus, semua putusan urusan demokratis, tapi kalau ada masalah putusan tidak harus dengan rapat formal saya bisa misalnya dengan menteri ATR dengan telepon," ungkap Basuki.

Pilih Mengajar Jika Tak Lagi Jadi Menteri

Sampai saat ini Basuki mengaku belum dapat mandat kembali untuk masuk jajaran menteri periode Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia juga mengklaim tidak butuh jabatan dan siap jika ditunjuk kembali.

"Jabatan itu perintah untuk saya. Jadi bener-bener ingin jabatan itu amanah dan perintah. Saya enggak tau pun diperintah," kata Basuki.

Terkait rencana setelah tidak jadi menteri, Basuki tidak ingin bercita-cita menjadi pengusaha. Dia ingin menjadi pengajar di salah satu universitas.

"Saya bukan businessman, saya paling ngajar satu," ungkap Basuki. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini