Menteri Basuki akan Bangun Jembatan Gantung di Atas Sungai Bengawan Solo

Sabtu, 12 Juni 2021 18:29 Reporter : Arie Sunaryo
Menteri Basuki akan Bangun Jembatan Gantung di Atas Sungai Bengawan Solo Menteri PUPR dan Gibran tinjau proyek Pintu Air Demangan. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimuljono Sabtu (12/6), meninjau proyek pembangunan Pintu Air Demangan, Kecamatan Jebres, Solo. Basoeki didampingi sejumlah staf kementerian dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Usai melihat progres pembangunan pintu air di bantaran Sungai Bengawan Solo, Basoeki juga menyampaikan rencananya untuk mengembangkan kawasan tersebut menjadi destinasi wisata. Salah satunya adalah membangun jembatan gantung diatas aliran Sungai Bengawan Solo.

Jembatan tersebut nantinya akan menghubungkan Kelurahan Sewu, Jebres, Solo dengan Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Kedua wilayah selama ini dihubungkan dengan jembatan bambu (sesek) yang hanya bisa dilewati pejalan kaki, sepeda maupun sepeda motor, meski dengan bahaya yang mengancam.

"Saya punya ide, karena disana Sukoharjo, kalau bisa ini dibikin jembatan gantung sekalian. Menjadi Instagramable warga Solo untuk daerah wisata," ujarnya.

Menurut Basoeki, pengembangan kota bukan hanya secara fisik saja. Namun juga diperlukan kawasan-kawasan terbuka, agar warga kotanya tidak beringas. Kawasan dimaksud bisa dijadikan tempat rileks, bahkan untuk lokasi berpacaran

"Bisa rileks pacaran disini, tapi pacaran yang sehat. Ini serius. Anak-anak muda pacaran di tempat umum yang tidak horor, tapi sehat," katanya.

Seperti halnya di Simpang Lima Semarang yang saat ini sudah berbeda dibanding sebelumnya. Sekarang kondisinya sudah baik dan sehat untuk duduk melepas penat.

"Ini sama. Kota itu harus mempunyai fasilitas itu, kalau enggak orangnya beringas. Karena tidak ada pelampiasan jiwa. Ini nanti akan kita pikirkan. Ini idenya beliau," katanya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini