Menteri ATR Harap Pemda di Sulawesi-Kalimantan Dukung Reforma Agraria Demi IKN

Kamis, 30 Juni 2022 11:54 Reporter : Nur Habibie
Menteri ATR Harap Pemda di Sulawesi-Kalimantan Dukung Reforma Agraria Demi IKN Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mendapat mandat untuk menjalankan Program Strategis Nasional (PSN) Reforma Agraria. Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto mengatakan salah satu prioritas kerja saat ini adalah mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam kegiatan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) di Sulawesi Barat, pada Rabu (29/6), Hadi Tjahjanto menegaskan, fokus kerja keduanya tersebut memiliki keselarasan.

"Dengan reforma agraria baik di kawasan inti, maupun kawasan penyangga IKN dapat menghasilkan penataan aset dan penataan akses. Sehingga, perkembangan ekonomi dan sosial di wilayah tersebut bisa teroptimalkan," kata Hadi dalam keterangannya, Kamis (30/6).

Hadi Tjahjanto memprediksi bakal potensi berupa pemenuhan kebutuhan pokok dengan perpindahan penduduk khusus wilayah Sulawesi Barat dan daerah-daerah lain yang berbatasan langsung dengan IKN.

2 dari 2 halaman

Eks Panglima TNI ini berharap, reforma agraria dapat menjawab potensi tersebut, baik melalui penataan aset maupun penataan akses.

Hadi berharap dukungan dari seluruh pemerintah daerah di Sulawesi dan Kalimantan untuk mengoptimalkan reforma agraria sehingga dapat menyukseskan pembangunan IKN.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kementerian ATR/BPN, serta seluruh Gubernur, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi yang ada di Pulau Sulawesi dan Kalimantan baik secara luring maupun daring. [ray]

Baca juga:
Genjot Produksi Pertanian Cegah Krisis Pangan, ini yang Diperlukan Indonesia
Bentuk Gugus Tugas Reforma Agraria, ini Cita-Cita Indonesia
Moeldoko Pastikan Masalah Sertifikasi Tanah Masyarakat Pesisir Sudah Tuntas
DPRD Minta Pemkot Surabaya Bentuk Satgas Agraria, Ini Alasannya
KSP Gandeng NU Dorong Percepatan Reformasi Agraria

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini