Menteri Agama resmikan Alquran terjemahan bahasa daerah

Senin, 19 Desember 2016 15:27 Reporter : Septian Tri Kusuma
Menteri Agama resmikan Alquran terjemahan bahasa daerah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. ©2016 Merdeka.com/Septian Tri Kusuma

Merdeka.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan peluncuran Al-Qur'an terjemahan bahasa daerah yang bertempat di auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (19/12).

Kepada awak media, Lukman menjelaskan bahwa penerjemahan kedalam bahasa daerah itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam memahami terjemahan Al-Qur'an yang saat ini hadir dalam terjemah bahasa Indonesia.

"Kami punya program bagaimana Al-Qur'an itu bisa diterjemahkan kedalam bahasa daerah. Karena memang tidak semua masyarakat muslim khususnya Indonesia punya pemahaman yang cukup baik terkait dengan bahasa Indonesia," terangnya ketika ditemui disela acara peluncuran Al-Qur'an terjemah, Senin (19/12).

Tidak hanya itu, lanjutnya, hal itu dilakukan guna melestarikan bahasa daerah yang ada di Tanah Air.

"Sekaligus ini jadi bagian dari strategi kita untuk melestarikan bahasa daerah itu agar tidak punah," singkatnya.

Pada kesempatan ini, masih menurut Lukman, Kementerian Agama juga meluncurkan buku bertajuk esniklopedia pemuka agama nusantara. Buku itu berisi daftar pemuka agama dari seluruh agama yang ada di Indonesia.

"Kalau dulu ada kamus tentang istilah-istilah agama pernah kita luncurkan, sekaramg adalah ensiklopedi pemuka agama di nusantara. Jadi semua pemuka agama yang secara ikhlas penuh kesadaran memberikan pelayanan kepada umat agamanya masing masing di wilayah nusantara ini kita dokumentasikan," kata dia.

Hal ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah melalui Kementerian Agama kepada para pemuka agama yang telah menebar nilai kebaikkan kepada masyarakat.

"Kita tidak hanya menjelaskan sejarah mereka masin-masing, tapi juga kiprahnya, obsesi, harapannya," ujarnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini