Menteri Agama pastikan baca Alquran berlanggam Jawa atas izin ulama

Selasa, 19 Mei 2015 14:23 Reporter : Muhammad Sholeh
Menteri Agama pastikan baca Alquran berlanggam Jawa atas izin ulama Lukman Hakim Saifuddin. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Pembacaan Alquran dengan langgam Jawa dalam peringatan Isra Miraj di Istana Negara pada pekan kemarin menuai kontroversi. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin turut angkat bicara terkait polemik tersebut.

"Jadi intinya begini, tentu ini suatu yang baru bisa dimaklumi, bisa dimengerti terkait dengan sesuatu yang baru akan menimbulkan pandangan yang beragam. Jadi terkait qiroah Alquran dengan langgam Jawa memang ada sebagian kalangan yang bertanya-tanya tapi sejauh ini kami berpegangan pada ulama yang membolehkan itu," kata dia kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/5).

Oleh karenanya, lanjut Lukman, Kementerian Agama berpandangan kepada yang membolehkan meskipun pihaknya menghormati pendapat sebagian kalangan yang mempersoalkan hal itu.

Menurut Lukman, usulan penggunaan langgam Jawa saat pembacaan Alquran tersebut berasal darinya. Usulan itu, kata dia, juga sudah melalui izin dari ulama. Adapun tujuannya, lanjut Lukman, yaitu untuk memelihara tradisi nusantara dalam menyebarluaskan ajaran Islam di Tanah Air.

"Itu murni usulan saya. Saya berpandangan kepada ulama yang membolehkan itu. Bahkan tidak hanya sekadar membolehkan, tapi itu sesuatu yang positif karena tujuannya positif," tutup Lukman.

Diketahui, penggunaan langgam Jawa dalam tilawah masih menjadi perdebatan. Seperti lantunan ayat suci AlQuran yang dibacakan qori Muhammad Yasser Arafat di Istana Negara pada Jumat (15/5) lalu.

Sang qori membaca ayat suci AlQuran dengan langgam Jawa dalam acara peringatan Isra Miraj di Istana Negara. Qori Yasser Arafat membaca Surah An Najm ayat 1-15 dengan langgam Jawa. [efd]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tilawah Langgam Jawa
  3. Menag
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini