Menteri Agama imbau warga laksanakan salat sunnah gerhana bulan

Selasa, 30 Januari 2018 14:53 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Menteri Agama imbau warga laksanakan salat sunnah gerhana bulan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. ©2016 Merdeka.com/Septian Tri Kusuma

Merdeka.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau umat islam untuk melaksanakan salat sunnah Gerhana bulan pada Rabu (31/1) besok. Imbauan itu juga telah diedarkan kepada masyarakat luas dan bisa dicek di laman kemenag.co.id.

"Karena ini adalah kejadian alam yang langka, yang karenanya dalam ajaran islam ada sholat khusus terkait dengan Gerhana dan bagaimana tata caranya sudah sampaikan kepada masyarakat melalui website kita, edaran dan sarana media yang kita miliki," kata Lukman di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/1).

Lukman juga telah mengirim edaran kepada Kepala Kantor Wilayah Setempat Kementerian Agama. Dalam edaran itu juga dilengkapi tata cara salat sunnah gerhana bulan.

"Kementerian Agama sejak beberapa hari lalu juga telah membuat edaran, tidak hanya untuk seluruh kakanwil, kantor Kementerian Agama di seluruh Kabupaten Kota, tapi seluruh masyarakat luas bahwa akan terjadi Gerhana bulan besok ya. Kita lengkapi edaran atau imbauan itu dengan tata cara salat Gerhana," terangnya.

Fenomena Super Blue Blood Moon atau Supermoon yang bertepatan dengan Gerhana Bulan Total ini merupakan fenomena langka. Sebab akan terulang lebih dari 100 tahun untuk di Amerika, sementara wilayah Indonesia 36 tahun (30-31 Desember 1982). Masyarakat dapat mengamati puncak Gerhana Bulan Total ini dapat pada Pukul 20:29,8 WIB; 21:29,8 WITA; dan 22:29,8 WIT. [rzk]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini