Menteri Agama bangga setelah 12 tahun laporan keuangan dapat WTP

Senin, 29 Mei 2017 12:37 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menteri Agama bangga setelah 12 tahun laporan keuangan dapat WTP Menag luncurkan PTSP di kantor Kemenag. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berbangga hati lantaran Kementerian Agama mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk audit laporan keuangan 2016. Menurutnya, prestasi ini menjadi catatan sejarah dalam 12 tahun terakhir.

"Bagi Kemenag ini adalah sejarah untuk pertama kalinya karena sejak 12 tahun kami berusaha keras untuk mendapatkan WTP dan baru tahun 2016 kita baru mendapatkan opini WTP itu," kata Lukman di Kantor BPK, Jakarta, Senin (29/5).

Lukman menceritakan, pada 2011 sampai 2014 Kementerian Agama sempat mendapatkan opini WTP-DPP (wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelasan). Namun pada tahun 2015 kembali mengalami penurunan kinerja hingga akhirnya hanya mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Menurut Lukman, ini terjadi lantaran di tubuh Kementerian Agama memiliki 4.557 satuan kerja sehingga menyulitkan penerapan sistem akuntansi yang diterapkan Pemerintah Pusat untuk membenahi laporan keuangan.

Untuk itu pihaknya berkomitmen agar Pemerintah pusat dan daerah berkoordinasi saling bersinergi dengan cara membentuk duta-duta Akrual yang disebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

"Alhamdulillah dengan nilai-nilai integritas, profesionalitas, tanggung jawab dan keteladanan, kita memetik buahnya dengan opini WTP di tahun 2016 ini," kata Lukman

"Ini sesuatu yang dapat kita syukuri dan kita mampu menjaga memelihara prestasi ini dan akan kita kembangkan di masa yang akan datang," ucapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini