Mentan bantah Jokowi tarik kembali traktor, cuma didistribusikan

Rabu, 18 Maret 2015 09:30 Reporter : Ya'cob Billiocta
Mentan bantah Jokowi tarik kembali traktor, cuma didistribusikan Jokowi bagi-bagi traktor ke petani Subang. ©Setpres RI/Edi

Merdeka.com - Bantuan traktor dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para petani di Jawa Timur tidak jadi dibagikan. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membantah traktor tersebut ditarik kembali.

"Mungkin bahasanya yang harus diubah, bukan ditarik, melainkan didistribusikan," kata Amran kepada wartawan saat menghadiri acara panen raya di Indramayu, Jawa Barat, Rabu (18/3).

Mentan menjelaskan berdasarkan perintah Presiden, pemberian bantuan secara simbolis harus didatangkan fisik traktor tidak hanya menghadirkan kertas.

"Pembagian di Ngawi sebanyak 1.000 unit telah dihadirkan semua fisiknya, dan itu untuk seluruh Jawa Timur," ungkapnya.

Amran mengatakan setelah penyerahan secara simbolis oleh Presiden, traktor-traktor tersebut diangkut untuk disalurkan ke kelompok petani ke 24 kabupaten di seluruh Jawa Timur.

Dia juga menjelaskan bahwa traktor untuk Kabupaten Ponorogo ini sudah didistribusikan sebanyak 207 unit. Mentan mengungkapkan hingga saat ini sudah 30 ribu unit dari 60 ribu traktor yang akan dibagikan tahun ini.

Dengan adanya kesalahpahaman pembagian di Jawa Timur, kata Amran, pihaknya mengubah sistemnya.

"Untuk pembagian di Jawa Barat sebanyak 5.000 unit akan didatangkan hanya 400 unit," katanya.

Amran berjanji didistribusi traktor ke pihak petani akan selesai dua pekan. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini