Mensos Sebut Bansos Tahap I dari Pemerintah Pusat untuk Jakarta Sudah Selesai

Jumat, 8 Mei 2020 16:32 Reporter : Merdeka
Mensos Sebut Bansos Tahap I dari Pemerintah Pusat untuk Jakarta Sudah Selesai mensos juliari batubara. ©2020 BNPB

Merdeka.com - Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan bantuan sosial untuk warga terdampak Covid-19 sudah selesai tahap pertama di DKI Jakarta. Laporan ini disampaikan saat memberikan keterangan pers usai dari kantor Presiden. Turut hadir Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri Desa Abdul Hakim Iskandar.

"Tahap pertama kita sudah selesaikan beberapa hari lalu. Untuk Jakarta itu sudah selesai semua," kata Juliari, Jumat (8/5).

Dia menegaskan, pihaknya akan memulai untuk memberikan bantuan ke Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Tangsel dan Separuh Kabupaten Bogor untuk 600 ribu Kepala Keluarga (KK).

"Hari ini kita mulai untuk bodetabek untuk 600 ribu KK. Dengan mekanisme yang sama pula yaitu 2 kali penyaluran per bulan. Dan indeks 600 ribu (nilai bantuannya)," ungkap Juliari.

Menurut dia, pencairan bantuan ini dalam sebulan dilakukan 2 kali, masing-masing senilai Rp300 ribu selama 3 bulan. Namun, dalam tahapannya nanti tidak hanya berupa sembako.

"Presiden memerintahkan agar untuk bansos Jabodetabek ini dari 6 kali tahapan penyaluran itu, dibagi 4 penyaluran dalam paket sembako dan 2 kali penyaluran dalam bentuk beras," jelas politikus PDIP ini.

Juliari menambahkan, bantuan untuk warga DKI yang sekarang berupa beras dari Bulog. "Saat ini DKI baru masuk adalah untuk beras Bulog. Kemarin sembako, sekarang beras Bulog. Kemensos dengan Bulog sudah menyepakati bagaimana pembagian-pembagian tahapannya, sehingga nanti total 6 tahapan penyaluran," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini